Beranda Lombok Barat Aparat Jamin Kelancaran Distribusi

Aparat Jamin Kelancaran Distribusi

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA SIAP MENGAWAL: Kasdim dan Kapolsek KP3 Lembar serta stakeholder terkait siap membantu pendistribusian bantuan logistik bagi korban gempa.

LOBAR —Aparat keamanan bersama steakholder terkait, terus mengawal lancarnya pendistribusian bantuan logistik yang masuk ke Pulau Lombok melalui jalur laut. Bahkan, telah didirikan posko terpadu di Pelabuhan Lembar. Posko bertujuan meningkatkan pengamanan dan kelancaran pengiriman bantuan logistik bagi korban gempa dari luar daerah melalui Pelabuhan Lembar.
“Tim terpadu ini terdiri dari TNI, Polri, ASDP, BPTD, dan KSOP,” kata Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1606/Lobar, Mayor Infanteri Januardi, kemarin.
Dikatakan, keberadaan posko terpadu Pelabuhan Lembar membantu mencatat dan menjelaskan kepada para relawan yang membawa bantuan melalui jalur laut. Baik pengiriman melalui kapal Pelindo, KRI maupun ASDP.
Relawan dan bantuan yang datang dicatat lalu dilaporkan ke komando paling atas. Rata-rata bantuan yang dikirim memiliki tujuan masing-masing. “Ini untuk mempercepat dan memperlancar distribusi logistik yang masuk,” katanya.
Kemudian bagi relawan yang memerlukan kendaraan untuk mengangkut logistik, pihaknya siap membantu. Termasuk memberikan pengawalan, dan pengamanan menuju lokasi tujuan jika diperlukan. “Kita juga berkoordinasi dengan Polsek KP3 Lembar,” ungkapnya.
Hal senada disampaikan Kapolres Lobar, AKBP Heri Wahyudi. Kapolres juga membantah isu yang menyebut jika bantuan logistik untuk korban gempa tersendat di pelabuhan Lembar. Ia memastikan tetap melakukan koordinasi dengan tim terpadu, yang dikoordinir Kasdim Lobar.
Kapolres juga menawarkan pengawalan untuk pengiriman bantuan ke lokasi tujuan. “Kalau mereka butuh kendaraan angkutan kita bantu. Jadi tidak benar ada hambatan pengiriman logistik di pelabuhan,” tegasnya.
Kapolsek KP3 Lembar, Ipda Jasa Yulianto juga siap membantu kendaraan jika dibutuhkan untuk mengangkut bantuan logistic. Ini sesuai instruksi Kapolda dan Kapolres. “Kalau perlu pengawalan kita kawal. Kalau tidak perlu pengawalan kami perlancar pengangkutannya,” jelas Jasa.
Bantuan memperlancar pengiriman logistic juga dilakukan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Denpasar Provinsi Bali-NTB Pelabuhan Lembar. Menurut seorang petugasnya, Faisal, pihaknya berkoordinasi dengan BPTD Padangbai untuk memperlancar pengiriman bantuan logistik sehingga tidak ada hambatan.
Sejauh ini pengiriman bantuan logistik melalui Pelabuhan Lembar tetap lancar, dan intensitasnya pun meningkat. Hampir tiap hari ada bantuan yang dikirim melalui Pelabuhan Lembar. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here