Beranda Mataram Pertamina Jamin Elpiji Aman

Pertamina Jamin Elpiji Aman

BERBAGI

MATARAM – Pasca gempa yang melanda Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Timur dua pekan lalu, tabung gas elpiji 3 kilogram (kg) sempat mengalami kelangkaan. Namun saat ini, PT Pertamina memastikan pasokannya aman dan tidak ada kelangkaan.
Sales Executive Elpiji Pertamina IX Wilayah Lombok, Firdaus Sustanto mengatakan, beberapa saat pasca gempa sempat mengalami kelangkaan untuk di wilayah yang terdampak gempak. Itu karena sejumlah toko masih tutup, sehingga menyebabkan agen-agen kesulitan untuk menyalurkan elpiji. “Pertamina siasati dengan melakukan operasi pasar di KLU, sejak 8 Agustus lalu,” kata erang Sales Executive Elpiji Pertamina IX Wilayah Lombok, Firdaus Sustanto, Sabtu (18/8).
Untuk pasokan di wilayah terdampak gempa, Pertamina melakukan operasi pasar dengan memberikan harga tabung gas elpiji 3 kg di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET). Pasokan yang diberikan cukup memenuhi kebutuhan masyarakat. “Total 1.680 tabung perhari dengan harga Rp 14 ribu pertabung. Itu di bawah HET,” katanya.
Firdaus menegaskan, stok yang tersedia untuk di lokasi gempa cukup bertahan selama 2 hari. Tetapi setiap harinya terus memasok untuk kebutuhan di sana, agar tidak terjadi kekosongan dan kelangkaan. “Ketahanan stok 2 hari itu normal untuk elpiji,” terangnya.
Sementara stok di Mataram tidak ada kekosongan dan kelangkaan. Hanya di wilayah yang terdampak bencana gempa. Namun dari Pertamina sendiri telah memenuhi kebutuhan tersebut, dengan menggelar operasi pasar di beberapa titik di KLU. Serta harga yang diberikan cukup membantu masyarakat di sana. “Kalau kita jual di bawah HET justru bagus, ya artinya masyarakat dapat harga murah,” cetusnya.
Sementara Dirut Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan, untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar gas, Pertamina telah menyalurkan bantuan Bright Gas kemasan 12 kg sebanyak 50 tabung, dan Bright Gas kemasan 5,5 kg sebanyak 50 tabung.
Bantuan ini dibagi di beberapa lokasi yakni 14 tabung di dapur umum PLN, lima tabung di dapur umum TNI, 20 tabung di Posko Tanjung, 20 tabung di Posko Kayangan, 20 tabung di Posko Gangga, dan 21 tabung di Posko Pemenang (dapur umum Pertamina).
“Kita beri bantuan BBM dan elpiji semua kebutuhan dapur umum, kita sediakan secara gratis. Ketika pemadaman listrik semua BBM disediakan. Kita fully support untuk warga Lombok semua. Mulai dari Lotim, KLU, dan Lobar,” ujarnya, saat mengunjungi Dusun Terengan, Desa Pemenang Timur, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara.
Selain itu, Pertamina juga telah memberikan bantuan BBM dan elpiji secara gratis untuk memenuhi kebutuhan dapur umum, termasuk BBM juga untuk genset saat ada pemadaman listrik. (cr-can/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here