Beranda Mataram Dari Kegiatan KKN Universitas U45 Mataram Tahun 2018

Dari Kegiatan KKN Universitas U45 Mataram Tahun 2018

BERBAGI
SUSAN/RADAR MANDALIKA SERAHKAN: Rektor U45 Evron Asreal dan beberapa mahasiswa KKN U45 saat menyerahkan bantuan bagi korban gempa di Lobar.

Fokuskan Mahasiswa Bantu Korban Gempa di Pengungsian

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas 45 (U45) Mataram tahun 2018, ditujukan di kantong-kantong gempa bumi. Tentunya ada maksud dan tujuan di balik kegiatan tersebut.
SRI SUSANTINI-MATARAM

BENCANA gempa telah menimbulkan kerusakan, hingga pengungsi masih bertahan di pengungsian hingga hari ini. Para mahasiswa Universitas 45 (U45) yang sedang KKN juga diarahkan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak korban gempa di Desa Kekait, Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat (Lobar).
Rektor U45, Evron Asrial mengatakan, kegiatan KKN U45 saat ini lebih fokus terhadap kepedulian terhadap korban gempa Lombok. Sehingga beberapa mahasiswa yang sedang menjalani KKN sengaja ditempatkan dibeberapa daerah yang terdampak gempa bumi, dengan tuJuan untuk membantu sekaligus jadi tim relawan. “Mahasiswa yang KKN sengaja kita tempatkan di daerah korban bencana. Supaya mereka bisa berbaur langsung untuk meringankan beban korban. Ini juga untuk pendidikan mental dan akhlak bagi mahasiswa,” ujarnya, Sabtu (18/8).
Bukan hanya sekadar membantu para korban. Bantuan juga diberikan dalam bentuk fisik berupa barang-barang konsumsi, terpal, dan selimut serta kambing. Sedangkan asistensi non fisik berupa pemeriksaan kesehatan, bantuan obat-obatan, traumatic healing, dan pemutaran film pendidikan/hiburan. Kegiatan lainnya adalah penyuluhan tentang hukum dan narkotika.
Selain membantu korban bencana gempa, kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN adalah membersihkan puing-puing dampak gempa di Kampus Universitas 45 Mataram. Seperti diketahui, gedung Bale Sangkep dan gedung ruang kuliah bersama mengalami kerusakan. Berupa tembok retak, dan plafon jatuh.
Evron menegaskan, program kegiatan KKN mahasiswa adalah program akademik yang dilaksanakan oleh pengelola Universitas 45 Mataram secara rutin tiap tahun akademik. “Saat ini terjadi bencana alam. Kenapa tidak kita sekalian berikan pendidikan kemanusiaan kepada mahasiswa untuk ditempatkan di lokasi pengungsian korban gempa,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here