Beranda Praya Metro BUMDes Gemel Makin Maju

BUMDes Gemel Makin Maju

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA H Achmad Musannif

JONGGAT —Pemdes Gemel, Kecamatan Jonggat setiap tahun menggelontorkan dana untuk penyertaan modal kepada Badan Usaha Milik Desanya (BUMDes). Hal ini bertujuan untuk menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes) untuk desa.
Kaur Pemerintahan Desa Gemel, Suryadi mengatakan, sejak dibentuk 2014 lalu, setahun berikutnya Pemdes langsung memberikan dana untuk BUMDes sebagai modal usahanya.
“2015 ada Rp 20 juta, 2016 sebanyak Rp 30 juta. Kemudian 2017 Pemdes mengalokasikan dana sebanyak Rp 50 juta melalui ADD dan tahun ini, sesuai dengan perintah regulasi, Pemdes kembali menggelontorkan dana kepada perusahaan desa ini melalui Dana Desa (DD) sebanyak Rp 102 juta,” paparnya.
Jumlah ini kata dia, hanya 10 persen dari total DD yang masuk ke rekening desa.
Sementara itu, Kades Gemel, H Achmad Musannif menerangkan, sejak dibentuk dan beroperasi pada 2015 sampai saat ini, BUMDes sudah mengelola dua unit usaha. Yakni unit usaha jasa pembayaran rekening listrik dan pemberian modal untuk pemeliharaan sapi kepada peternak dengan sistem adas atau bagi hasil. Kedua unit usaha ini, kini sangat dirasakan dampaknya oleh warga, terutama dampak ekonominya. Sebab selama berjalan kedua unit usaha ini dijalankan dengan rasa kepercayaan dan lebih mengedepankan upaya untuk membantu untuk meningkatkan perekonomian warga. Sehingga, selama ini juga PADes yang dihasilkan tidak begitu besar. Tidak hanya dua unit usaha ini, pihaknya juga berencana menambah unit usaha baru yakni simpan pinjam (SP). Untuk memaksimalkan penerapannya, saat ini pengurus bersama Pemdes sedang menggodok sistem dan mekanisme penerapan usahanya. Agar tidak menjadi beban desa ke depan karena banyaknya kredit macet.
“Pasti kita terapkan, tapi kami tinjau dulu seperti apa mekanismenya biar sama-sama menguntungkan,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here