Beranda Headline Aktivitas Mulai Normal

Aktivitas Mulai Normal

BERBAGI
LALU HABIB FADLI/RADAR MANDALIKA AKTIVITAS: Sejumlah pedagang di Pasar Pemenang nampak kembali berjualan pasca gempa bumi dua pekan lalu.

KLU —Matahari belum tinggi, namun aktivitas mulai terlihat di antara reruntuhan bangunan ruko di Pasar Pemenang yang luluh lantak digoyang gempa dua pekan lalu. Meski demikian, baru beberapa los kedai pasar tradisional yang sudah menjajakan dagangannya. Ada yang berjualan pisang, ada yang berjualan bumbu dapur, dan barang-barang kebutuhan sehari-hari lainnya.
Seorang di antara pedagang yang memulai aktivitas berjualannya yakni Mariana. Di lapak sederhana miliknya, dia berjualan aneka kebutuhan dapur, seperti bawang merah, kentang dan kol serta ikan asin.
“Iya memang banyak toko yang roboh, tapi dari pada bengong di pengungsian, mending jualan,” ujarnya saat ditemui Radar Mandalika, Kamis (16/8) lalu.
Pedagang asal Pemenang Timur itu dan beberapa pedagang lainnya memang memutuskan untuk kembali berjualan di pasar. Alasannya, mereka harus memenuhi kebutuhan warga yang berbelanja di pasar juga untuk kebutuhan sehari-hari di pengungsian.
“Kalau kemarin kami masih bersih-bersih dan menyusun barang dulu. Baru hari ini saya bisa jualan walaupun belum terasa normal, karena pasar belum bersih dari puing dan reruntuhan,” ungkap wanita 42 tahun itu.
Hal senada juga diungkapkan seorang pedagang lainnya, Masitah. Menurut dia, perdagangan adalah denyut nadi masyarakat di Kecamatan Kayangan selain pariwisata.
Pasca gempa lalu menurut Masitah, pemerintah hendaknya bisa meluncurkan program bantuan modal bagi pedagang, petani, dan nelayan. “Sistem kredit lunak yang mudah didapat, sebaiknya diberikan kepada warga pasca-gempa. Sehingga warga memiliki modal lagi untuk membangun usahanya kembali,” harapnya.
Meski demikian, Masitah dan pedagang lainnya mengaku masih was-was berada di pasar karena masih seringnya gempa susulan.
“Tapi kita harus jualan dan kembali berusaha, enggak bisa juga diam terus menerus,” ucapnya.
Selain Pasar Pemenang, aktivitas jual beli juga nampak di Pasar Tanjung, Lombok Utara. Meski sebagian besar masih mengungsi, namun para pedagang tetap berjualan untuk mengais rizki meninggalkan keterpurukan pasca gempa bumi lalu. (abi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here