Beranda Headline Gemel Sulap Kantor Desa Bak Istana

Gemel Sulap Kantor Desa Bak Istana

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA MEGAH: Sejumlah Perangkat Desa Gemel, Kecamatan Jonggat nampak berinteraksi di depan kantor desanya, kemarin.

JONGGAT —Sejak diprogramkan 2016 lalu, renovasi Kantor Desa Gemel akhirnya bisa dituntaskan tahun ini. Meski dalam proses finishing, namun kantor desa baru pun nampak cukup megah.
Kades Gemel, H Achmad Musannif mengatakan, 2016 lalu pihaknya memulai renovasi kantor desa dengan penggalian pondasi dan tiang beton hingga lantai dua dengan ukuran bangunan 16×16 meter. Dari program ini, Pemdes menggelontorkan dana mencapai Rp 247 juta melalui Alokasi Dana Desa (ADD). Sebagai tindaklanjutnya, tahun lalu Pemdes kembali mengalokasikan ADD sebanyak Rp 301 juta lebih. Dana tersebut diarahkan untuk penembokan, plester dan pemasangan atap rangka baja lantai dua.
“Meski belum tuntas 100 persen, namun sejak tahun lalu sudah kita fungsikan,” ujar Kades dua periode ini.
Sedang untuk program penuntasan, tahun ini Pemdes kembali menggelontorkan dana dari ADD sebesar Rp 171 juta. Dana tersebut diperuntukkan untuk finishing, meliputi pengecatan, pemasangan keramik, pemasangan plafon dan beberapa point lainnya. Oleh karena itu, kini rehab kantor desanya sudah tuntas dan semua ruangannya sudah difungsikan.
Sementara Kaur Keuangan Desa Gemel, Jumadi menambahkan, sejak dibangun melalui gotong royong pada 1997 lalu, kantor desa jarang diperhatikan. Hal ini lantaran dana yang dikelola desa sebelumnya sangat kecil. Kondisinya pun sangat memprihatinkan, terutama pada bagian atap dan tembok.
“Kenapa kita kerjakan bertahap sampai tiga tahun, ya biar program lainnya juga bisa tercover,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here