Beranda Praya Metro Taman Indah Sebar Bibit Jambu Kristal di Semua Dusun

Taman Indah Sebar Bibit Jambu Kristal di Semua Dusun

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA DILATIH: Sejumlah warga Desa Taman Indah sedang mengikuti pelatihan pembudidayaan pertanian bidang usaha penanaman jambu kristal di aula kantor desa setempat, beberapa waktu lalu.

PRINGGARATA —Pemerintah Desa Taman Indah, Kecamatan Pringgarata tahun ini mengembangkan tanaman jambu kristal sebagai tanaman budidaya baru di desanya. Beberapa waktu lalu, setelah dilatih cara pembudidayaan, bibit kemudian disebar di semua dusun.
Penjabat Sementara (Pjs) Kades Taman Indah, Mas’an mengatakan, sebagai tahap awal pembudidayaan tanaman ini pihaknya beberapa waktu lalu telah melatih warga yang mewakili sembilan dusun yang ada. Sasarannya, warga yang berasal dari kelompok tani (poktan). Materi pelatihannya seputar cara pengolahan dan penanaman yang baik agar bisa menjadi komoditi unggulan desa ke depan. Diharapkan ke depan semua dusun menjadi kawasan strategis pengembangan buah jambu kristal.
“Bibitnya sudah kita bagi dan kini sudah ditanam,” ujar Kasi Pemerintahan Desa Kecamatan Pringgarata ini.
Pria asal Desa Pringgarata ini pun optimis program pembudidayaan jambu kristal ini bisa berdampak positif bagi warga. Terutama dampak ekonomisnya. Apalagi, jika melihat rencana Pemkab ke depan akan ada investor yang bakal membangun pabrik pengolahan buah tanaman ini menjadi sirup dan lainnya. Dengan demikian Pemdes pun tidak segan-segan mengalokasikan dana sebanyak Rp 33 juta lebih untuk menyukseskan program ini.
“Bibitnya saja, kita datangkan dari luar daerah,” ujarnya. (tar)

BERBAGI
Artikel sebelumyaAda Kendala Penanggulangan Bencana di Lombok
Artikel berikutnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here