Beranda Lombok Timur Ketika Pulau Lombok Diguncang Gempa 6,4 SR (11-Habis)

Ketika Pulau Lombok Diguncang Gempa 6,4 SR (11-Habis)

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA NGUNGSI: Warga wilayah Lotim yang terkena dampak gempa bumi, hingga kini masih mengungsi menghindari gempa susulan.

Gempa Susulan 6,2 SR, Kerusakan Terus Bertambah

Pasca gempa susulan 7,0 SR, gempa susulan kembali terjadi dengan magnitude 6,2. Lagi-lagi, Lombok Utara menjadi pusat gempa yang menggoyang Lotim kemarin.
MUHAMAD RIFA’I – LOTIM

SUDAH ratusan kali gempa susulan melanda Lombok yang dijuluki pulau seribu masjid. Kondisi yang tidak menentu membuat hampir sebagian besar masyarakat, khususnya Lombok Timur (Lotim) belum berani tidur dalam rumahnya saat malam hari. Apalagi, masyarakat Lombok Utara yang hingga kini masih bergolak dengan gempa.
Hingga kini, pemandangan masyarakat tinggal di pengungsian masih bisa dilihat sepanjang jalan, dan pelosok wilayah. Jangankan wilayah Lotim, tetapi wilayah Lombok Tengah, Lombok Barat, dan lainnya masih banyak yang memilih mengungsi. Terutama wilayah yang terkena dampak, sampai hari ini mereka bertahan di pengungsian dan belum berani kembali ke rumah. Meski rumahnya hanya mengalami kerusakan ringan.
Untuk wilayah Lotim, kerusakan bangunan, tempat ibadah dan fasilitas lainnya masih terus didata. Sementara nilai kerugian ril, belum bisa dipastikan berapa secara keseluruhan. Korban jiwa juga terus bertambah, pasca gempa berkekuatan 7,0 Skala Richter (SR), yang awalnya dua orang dan kini menjadi 10 orang.
Efek trauma akibat gempa yang masih saja menghantui masyarakat Pulau Lombok tidak saja berimbas pada kalangan anak-anak. Tetapi juga dewasa hingga orang tua ikut trauma. Entah seperti apa hasil trauma heeling yang dilakukan berbagai pihak sejak awal. Apakah, bisa mengobati trauma para korban atau tidak, mengingat gempa susulan hingga saat ini masih terjadi.
Kemarin sekitar pukul 13.30 Wita, gumi seribu masjid ini kembali diguncang oleh gempa berkekuatan 6,2 SR. Titik koordinat gempa sekitar 6 km dari barat laut Lombok Utara, dengan kedalaman 12 km. Kerusakan kabarnya banyak terjadi di wilayah Suela dan Pringgabaya. Namun yang jelas, sampai saat ini warga banyak belum berani kembali dan tidur di rumah masing-masing.
Belum diketahui seberapa besar dampak kerusakan ditimbulkan gempa bumi, kemarin. “Yang saya tahu akibat gempa ini (kemarin, red), banyak rumah rusak di Suela dan Pringgabaya,” kata Mulki, Kadis LHK Lotim. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here