Beranda Lombok Timur DPK Rangsang Perpustakaan Desa

DPK Rangsang Perpustakaan Desa

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA SERAHKAN: Kepala DPK Lotim saat menyerahkan bantuan komputer dan diterima tiga kades, kemarin.

LOTIM – Geliat perpustakaan desa mulai terlihat di Lombok Timur (Lotim). Bahkan sebanyak 18 Perpuseru Desa, menjadi perpustakaan percontohan di daerah ini. Sebagai bagian dari upaya merangsang perpustakaan desa, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Lotim memberikan bantuan computer. Penyerahan dilakukan di kantor DPK, kemarin.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan (Kabid PP) DPK Lotim, Lalu Nadi Abidin Ali menjelaskan, tiga desa kali ini mendapat bantuan komputer untuk perpustakaan. Yakni Desa Masbagik Utara Baru, Lenek Lauk, dan Desa Aik Dewa. Tiga unit komputer dianggarkan melalui APBD. Sedangkan enam unit lainnya merupakan hasil lobi Kepala DPK Lotim ke Coca Cola Foundation. “Kami juga berikan pelatihan strategi pengembangan perpustakaan dan komputer internet dasar,” terang Lalu Nadi.
Kepala DPK Lotim, Hariadi Djoewainy mengaku bersyukur masih banyak desa peduli dan memberikan perhatian terhadap perkembangan perpustakaan. Tahun ini hanya tiga desa yang mendapat bantuan masing-masing tiga komputer. Ia senang karena sudah banyak desa memiliki Perpuseru, dan sudah memliki berbagai kegiatan masyarakat. Salah satunya, kegiatan kursus bahasa inggris, kursus komputer dan sebagainya. “Perpustakaan kita harapkan tidak hanya menjadi tempat pinjam buku, tapi juga menjadi tempat pembelajaran masyarakat,” kata Hariadi.
Kalau pemerintah fokus membangun infrastruktur untuk mengentaskan kemiskinan, jangan lupa perpustakaan juga memiliki andil besar membantu pengentasan kemiskinan. Dari ilmu atau pembelajaran yang diperoleh dari perpustakaan.
Apalagi sambung Hariadi, desa boleh menganggarkan melalui Dana Desa (DD), untuk mengembangkan perpustakaan desa. Perpustakaan dibangun desa tak perlu mewah, yang terpenting ada tempat masyarakat berkumpul membaca dan belajar. “Untuk memacu tata kelola lebih baik dan meningkatkan peran pembangunan perpustakaan, kami juga mengadakan lomba perpustakaan,” pungkasnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here