Beranda Headline Data Kerusakan Terus Diupdate

Data Kerusakan Terus Diupdate

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA H Moch Ali Bin Dachlan

LOTIM – Terdapat ratusan rumah mengalami rusak berat dan ringan di Lombok Timur (Lotim), akibat gempa. Bupati Lotim H Moch Ali Bin Dachlan mengatakan, data korban dan kerusakan ditimbulkan gempa bumi Lombok terus diupdate. Hasilnya, sudah dikirim ke pemerintah pusat. Bahkan struktur anggaran untuk korban khususnya Lombok Timur (Lotim), awalnya Rp 35 miliar lebih, kini bertambah menjadi Rp 39 miliar lebih.
Bantuan pusat kata Ali, sudah diserahkan pada korban gempa secara simbolis. Namun yang diberikan tanggungjawab melakukan pembangunan konstruksi adalah Dandim. Sebab, dinilai berpengalaman dalam pembangunan tersebut. “Adanya tambahan dibeberapa kecamatan, sudah kita datangi. Pelayanan medis dan kebutuhan lainnya sudah diberikan,” ujarnya di Suela, Rabu (8/8) lalu.
Meski gempa susulan masih terjadi dan mengakibatkan banyak kerusakan, orang nomor satu di Lotim ini menyatakan, perekonomian Lotim tidak lumpuh. Hanya beberapa kecamatan saja yang terdampak lumayan. Berbeda dengan Lombok Utara menurut kacamatanya, ada kecenderungan ekonomi daerah itu lumpuh.
“Kalau kita di Lombok Timur, mereka bisa dibantu oleh warga yang rumahnya tidak rusak. Malah kita kebanjiran bantuan dan itu saya apresiasi,” tegasnya.
Mengenai kebijakan Gubernur NTB yang sempat meliburkan sekolah, Ali justru tidak setuju. Sebab, sekolah juga bisa di lapangan terbuka. “Saat saya mengirim bantuan ke Lombok Utara, saya temukan pemerintah kebanyakan rapat, bukan menolong orang,” kritiknya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here