Beranda Lombok Barat Baznas Lobar Serahkan 1 Miliar

Baznas Lobar Serahkan 1 Miliar

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA SALURKAN: Ketua Baznas Lobar TGH Muchlis Ibrahim menyerahkan simbolis bantuan kepada Sekda Lobar H Moh Tufiq di Kantor Camat Lingsar, kemarin.

LOBAR —Bantuan terus berdatangan bagi korban gempa 7,0 skala richter (SR) yang mengguncang Lombok, Minggu (5/8) malam lalu. Salah satunya datang dari Badan Amil Zakat dan Sedekah (Baznas) Lobar. Nilainya mencapai Rp miliar.
Ketua Baznas Lobar, TGH Muchlis Ibrahim mengatakan, anggaran itu berasal dari dana sumbangan ASN yang rutin dipungut. Sehingga penggunaan anggarannyatu sesuai dengan kesepakatan bersama, termasuk dengan Sekda Lobar. Pengumpulan dana infaq dan sedekah dari kalangan ASN sesuai dengan regulasi berupa Perda dan surat ketentuan Bupati Lobar. “Penggunaannya pun oleh beliau (Sekda) kita serahkan, kecuali untuk zakat dipergunakan sesuai SOP,” jelasnya saat ditemui selepas penyerahan di Kantor Camat Lingsar, kemarin.
Ia menyayangkan sikap pusat yang hanya menganggap dampak gempa 7,0 SR hanya terdapat di KLU dan Lotim. Padahal dampaknya dirasakan juga di Lobar dan Kota Mataram. “Ini yang perlu kita berikan pemahaman kepada pusat,” ujarnya.
Untuk sementara ini, pihaknya baru bisa menyerahkan bantuan kedaruratan sekitar Rp 1 miliar. Tidak menutup kemungkinan Baznas dapat memberikan bantuan jika nantinya kembali dibutuhkan. “Anggaran di Baznas sekitar Rp 3 miliar, yang kita berikan (untuk tanggap darurat) Rp 1 miliar,” ungkapnya.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Baznas Provinsi NTB untuk tambahan bantuan. Sejauh ini anggaran sekitar Rp 300 juta sudah siap diberikan Baznas Provinsi NTB. “Kalaupun nanti diminta lagi kami siap, untuk saudara-saudara kita, rakyat kita. Kita doakan juga agar masyarakat kita tetap aman, tidak trauma,” tegasnya.
Ia memastikan, Baznas hanya menyerahkan anggaran saja. Untuk penggunaannya, menjadi hak dari pihak Pemkab Lobar. “Kami serahkan kepada Pak Sekda, supaya tidak menimbulkan fitnah jika kami yang menangani,” ungkapnya.

Sementara Sekda Lobar, H Moh Taufiq mengucap syukur atas bantuan Rp 1 miliar dari Baznas Lobar. Sebelum ini, pihaknya sudah berkoordinasi terkait penggunaan dana Baznas untuk kondisi kedaruratan. “Alhamdulillah disetujui,” ucap Taufiq.
Dalam penanganan bencana ini, pemkab perlu memperoleh bantuan dari manapun. Termasuk Baznas, mengingat dana tidak terduga untuk kedaruratan bencana tinggal menyisakan Rp 500 juta. “Kita juga sedang mengumpulkan bantuan dari beberapa pihak lainnya. Baru ini kita sudah dapat bantuan dari PT Pelindo III untuk MCK darurat,” katanya seraya memastikan jika dana bantuan Baznas Lobar itu sudah di transfer ke rekening BPBD. (Win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here