Beranda Mataram Sasaran Pemasangan Gratis Berkurang

Sasaran Pemasangan Gratis Berkurang

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA HL Ahmad Zaini

MATARAM —Pemasangan sambungan gratis air bersih bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), telah rampung 50 persen. Tahun ini, PDAM memasangkan sambungan gratis bagi 2 ribu MBR di Kota Mataram, dan 3 ribu di Lombok Barat (Lobar). “Sambungan gratis tetap dibiayai melalui dana hibah,” kata Dirut PDAM Giri Menang, HL Ahmad Zaini belum lama ini.
Melihat angka penerima sambungan gratis di Kota Mataram hanya 2 ribu, menurut Zaini, hal itu menandakan makin berkurangnya warga yang berhak mendapatkannya. Untuk sambungan bagi 2 ribu MBR, anggarannya mencapai Rp 6 miliar.
Terhadap pemasangan yang sudah dilakukan selama beberapa tahun terakhir, Zaini memastikan tidak ada warga yang memperjualbelikan meteran yang telah dipasang secara gratis. Begitu juga terkait pungutan terhadap warga penerima bantuan, tidal ada alias gratis.
Kalaupun ada indikasi memperjualbelikan atau pungutan, ia mempersilakan menunjukkan bukti otentik agar bisa diambil tindakan. Selama program ini bergulir, proses verivikasi awal telah dilakukan selektif agar bantuan tepat sasaran. Meski tergolong MBR, penerima bantuan harus menyatakan kesanggupan membayar untuk rekening bulanan air PDAM. Mengingat hanya pemasangan sambungan saja yang gratis.
Setelah ini, targetnya sekitar dua hingga tiga tahun lagi tuntas bantuan serupa. Namun melihat tingginya urbanisasi di Mataram, kebutuhan akan air bersih tetap terus ada. “Saat ini cakupan air bersih sudah 80 persen. Targetnya 100 persen untuk wilayah perkotaan,” ungkapnya. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here