Beranda Praya Metro Pemkab Bentuk Tim Siaga Bencana

Pemkab Bentuk Tim Siaga Bencana

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA HM Nursiah

PRAYA – Pemkab Lombok Tengah (Loteng) bergerak cepat dengan membentuk tim siaga bencana gempa. Tujuan untuk mengantisipasi bencana gempa bumi susulan sesuai prediksi BMKG.
Sekda Loteng, HM Nursiah mengatakan untuk mengantisipasi gempa susulan ini, pihaknya sudah melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) pengurangan resiko bencana. Hasilnya, guna menguatkan komunikasi antar instansi dalam penanggulangan dan penanganan bencana alam telah terbentuk tim siaga bencana itu.
“Pembentukan ini salah satu langkah yang dianggap penting untuk siaga bencana,” terangnya di kantor bupati, kemarin.
Sekda menegaskan, tim siaga bencana tersebut dibentuk tergabung dalam wadah organisasai yang di dalamnya atau melibatkan semua SKPM maupun pihak swasta untuk mengatensi bencana, serta turun membantu warga yang sekarang banyak mengungsi di masing-masing kecamatan. Seperti di Kecamatan Batukliang Utara (BKU) yang hingga sekarang masih mengungsi karena mereka takut akan gempa susulan terjadi.
“Peran timnya sangat penting. Sehingga nantinya masyarakat tidak akan merasa panik lagi,” ujarnya.
Dengan terbentuknya tim siaga bencana tersebut, diharapkan masyarakat dapat lebih cepat dan tanggap dalam membaca dan memahami tanda tanda bencana alam dan apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam, serta bagaimana caranya menangani korban bencana nantinya. Namun, dalam melaksanakan tugasnya, harus dapat didukung keberadaannya oleh semua pihak khususnya masyarakat setempat.
“Intinya kita sudah menetapkan siaga bencana. Kami juga sudah menekankan kecamatan-kecamatan untuk tetap siaga,” tegas Sekda.

Bupati Loteng, H Moh Suhaili FT mengatakan, Pemkab sudah menetapkan status siaga bencana gempa hingga tanggal sesuai surat imbuan dari BMKG. Suhaili minta agar Dinas Sosial untuk segera membuka dapur umum untuk memenuhi kebutuhan pengungsi.
“Semua warga sekarang pada malam harinya tidur di tenda yang mereka buat di sekitar rumahnya,” cerita Bupati. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here