Beranda Praya Metro Kekeringan, Kawo Bangun Sumur Bor

Kekeringan, Kawo Bangun Sumur Bor

BERBAGI
ILUSTRASI

PUJUT —Pemerintah Desa Kawo, Kecamatan Pujut tahun ini membangun satu unit sumur bor di Dusun Sarang Angin. Program pembangunan sumur bor ini merupakan salah satu program skala prioritas Pemdes setempat dalam menanggulangi kelangkaan air bersih di desanya.
Sekretaris Desa Kawo, Mariono mengatakan, pembangunan satu unit sumur bor tahun ini sebagai tindaklanjut atas keluhan warga. Selama ini warga banyak mengaku kerap mengalamai kelangkaan air bersih. Apalagi di dusun setempat belum masuk aliran air bersih dari perusahaan daerah air minum (PDAM). Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga sehari-harinya memanfaatkan keberadaan beberapa sumur gali. Akan tetapi ketika musim kemarau tiba seperti saat ini debit airnya berkurang dan membuat warga harus antre. Untuk itu melalui dana yang dikelola yang bersumber dari Dana Desa (DD), tahun ini Pemdes telah mengalokasikan dana sebanyak Rp 35 juta untuk pengeboran dengan panjang 70 meter lebih.
“Saat ini sudah kita mulai lakukan pengeborannya,” terang Mariono.
Senada juga diungkapkan Kaur Pemerintahan Desa Kawo, Lalu Yahdi Muslim. Ia mengungkapkan, dusun yang menjadi titik pembangunan sumur bor tersebut merupakan dusun baru dan berada di dataran tinggi dibandingkan dengan belasan dusun lainnya. Sehingga agar titik pengeborannya tepat serta menghasilkan debit air yang besar, Pemdes telah mengalokasikan biaya untuk menyewa tim geolistrik.
Ditambahkan Yahdi sapaan karib pemuda ini, tahun lalu Pemdes juga telah membangun satu unit sumur bor di Dusun Bumi Gora atau di area kantor desanya dengan kedalaman 70 meter.
“Alhamdulillah, di sana airnya mengalir terus dan beberapa warga juga bisa memanfaatkannya,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here