Beranda Praya Metro Cegah Jalan Ambruk, Lajut Buat Bronjong Sungai

Cegah Jalan Ambruk, Lajut Buat Bronjong Sungai

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA AMBRUK: Dua warga Dusun Ngolak Desa Lajut, Kecamatan Prateng berdiri di jalan lingkungan ambruk akibat aliran sungai yang ada didekatnya beberapa waktu lalu.

PRATENG —Salah satu ruas jalan lingkungan di Dusun Ngolak Desa Lajut, Kecamatan Praya Tengah (Prateng) beberapa waktu lalu ambruk terkena derasnya aliran sungai setempat. Oleh karenanya, Pemdes setempat tahun ini mencegahnya dengan membuat Bronjong atau tanggul di pinggir sungai tersebut.

Sekdes Lajut, Suryaningrat mengaku, pembuatan bronjong ini dilakukan karena sebelumnya badan jalan dusun yang ada di Dusun Ngolak tersebut ambruk sepanjang 100 meter lebih. Padahal pada 2016 telah dirabat oleh desa. Ini terjadi karena air hujan yang mengalir ke sungai yang ada di sebelah baratnya alirannya cukup deras. Bahkan talut jalan yang selama ini telah diperbaiki sebanyak empat kali ini juga ikut ambruk. Sehingga hal tersebut berdampak pada kelancaran transportasi warga sekitar 200 kepala keluarga (KK). Oleh karena itu, atas keluhan warga sekitar, Pemdes tahun ini pun mengalokasikan dana sebanyak Rp 162 juta lebih untuk pemasangan bronjong di sisi kiri dan kanan sungai. Program tersebut merupakan program penataan sanitasi lingkungan.
“Lumayan tinggi juga kita buatkan bronjong tersebut,” ujarnya.

Setelah dipasangkan bronjong sepanjang sekitar 35 meter, tambahnya, kini badan sungai lebih besar dan ruas jalan lingkungan yang sebelumnya sering ambruk juga demikian. Sehingga akses transportasi warga sekitar sudah tidak terkendala. Bahkan sebelumnya, di sana tidak bisa melintas kendaraan roda empat. Akan tetapi kini tidak ada persoalan. Selain itu, rumpun bambu dan sampah warga yang menjadi penghalang kelancaran air sungai mengalir sudah dibersihkan.
“Alhamdulillah, sekarang warga tidak takut lagi dengan ambruknya jalan, terutama warga yang selama ini rumahnya dekat dengan sungai,” tutupnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here