Beranda Lombok Barat Air PDAM Berangsur Jernih

Air PDAM Berangsur Jernih

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MADALIKA KERUH: Kondisi air PDAM sempat keruh akibat gempa bumi 7,0 SR.

LOBAR —Kondisi air PDAM yang mengalir ke rumah pelanggan sempat keruh. Utamanya pascagempa bumi 7,0 skala richter (SR), Minggu (5/7) lalu. Berdasarkan pemantauan sejak Senin (6/8), air yang mengalir ke rumah para pelanggan di Lobar maupun Kota Mataram berwarna kecoklatan. Namun airnya tidak berbau. Kondisi itu menyulitkan para warga dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Terlebih lagi pasca gempa itu sejumlah toko tutup.
Seperti yang dialami seorang warga Gerung, Zubaidi. Akibat keruhnya air, ia dan keluarga tidak berani menggunakan untuk memasak. Ia terpaksa membeli air botolan untuk kebutuhan memasak. “Mau tidak mau, kalau air yang keruh itu cuka kita pakai untuk mandi saja,” ujarnya.
Ia tetap menganggap wajar kondisi tersebut mengingat gempa yang menguncang. Terlebih lagi kondisi itu tidak dialaminya seorang diri, melainnya seluruh pelanggan PDAM Giri Menang.
Direktur Utama (Dirut) PDAM Giri Menang, HL Ahmad Zaini mengakui jika guncangan gempa membuat mata air PDAM keruh dari sumbernya. Ia memastikan, kondisi air sudah mulai berangsur jernih kembali. “Mudah-mudahan tidak ada gempa susulan biar besok bisa jernih lagi,” pungkasnya.
Hingga kemarin pukul 12.00 Wita, air PDAM sudah mulai berangsung jernih di beberapa titik. Seperti di kawasan Gerung. Sedangkan untuk kawasan Kota Mataram masih belum sepenuhnya jernih. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here