Beranda Praya Metro 400 Rumah Rusak Parah di Loteng

400 Rumah Rusak Parah di Loteng

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA RUSAK: Sejumlah rumah warga yang rusak pasca gempa bumi, Minggu lalu.

PRAYA – Pemkab Lombok Tengah (Loteng) merilis data jumlah rumah rusak akibat guncangan gempa bumi, Minggu malam lalu. Data milik pemerintah, ada 400 unit rumah dalam kondisi rusak parah.
Asisten I Setda Loteng, HL Moh Amin menegaskan, akibat gempa yang terjadi sebelumnya sudah merusak sekitar 900 lebih bangunan. Namun setelah dilakukan pendataan, terdiri dari sekolah dan rumah warga. Sedangkan untuk 500 unit itu hanya mengalami rusak ringan.
“Itu hasil pendataan dari 12 kecamatan. Yang paling banyak memang di Kecamatan BKU, Pringgarata, dan Batukliang,” katanya pada wartawan, kemarin.
Kata Amin, jumlah itu kemungkinan akan bertambah karena saat ini, masih belum menerima laporan dari pihak kecamatan. Tapi pihaknya sudah membuka posko bencana untuk mengantisipasi bencana susulan yang masih terjadi.
“Kami masih tetap melakukan pendataan hingga sekarang,” beber dia.
Untuk membantu warga korban gempa, dari hasil rapat pihaknya akan menyalurkan bantuan beruapa material agar mereka bisa membangun kembali rumahnya. Namun bantuan tersebut akan diterima oleh warga yang memang kondisi rumahnya rusak parah.
Selain itu, untuk membantu warga yang mengungsi, dirinya memerintahkan pada semua kecamatan untuk membuat posko darurat dan meminta agar Satpol PP maupun semua Badan Keamanan Desa (BKD) untuk ekstra memantau keamanan rumah warga yang ditinggal mengungsi.
“Kami wajibkan untuk semua desa melaksanakan ronda malam sekarang,” pintanya.

Terpisah, Sekda Loteng, HM Nursiah menambahkan, pihaknya masih belum mengetahui hingga kapan pemulihan rumah yang rusak ini. Sebab, gempa susulan masih terjadi “ Sekarang kami hanya bertugas untuk merancang bantuan bagi para korban,” kata Nursiah. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here