Beranda Praya Metro 111 Sekolah Rusak Parah

111 Sekolah Rusak Parah

BERBAGI

PRAYA – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lombok Tengah (Loteng), H Sumum membeberkan jumlah sekolah yang rusak dampak gempa bumi, Minggu malam dengan kekuatan 7,0 SR.
Kepada wartawan Sumum menyampaikan ada 111 sekolah kondisi rusak parah. Sekolah ini, tersebar di 12 kecamatan. Tapi yang rusak berat ditemukan di Batukliang Utara.
Sumum mengatakan, bangunan yang rusak ini, mulai PAUD, TK, SD dan SMP. Sedangkan untuk SMA masih belum diketahui. “Kerusakan bukan hanya bangunan sekolah, tembok yang retak juga banyak,” bebernya di pendopo bupati, kemarin.
Sehingga untuk menghindari hal-hal yang tidak diingkan, siswa sekolah diliburkan. Namun untuk guru maupun kepala sekolah tetap diwajibkan masuk untuk menjaga kemungkinan terjadi pada bangunan sekolahnya.
“Siswa akan libur sampai tanggal 8 Agustus,” ujarnya.
Sumum menceritakan, pihaknya sekarang tetap turun melakukan pendataan karena memang sangat penting dengan rencana pemberian bantuan. Selain itu, menurut dia, kerusakan infrastruktur bangunan sekolah jangan sampai terlalu mengganggu kegiatan belajar mengajar.
Untuk total kerugian akibat kerusakan itu, pihaknya belum bisa menyimpulkan tapi kisaran mencapai miliaran. “Karena ratusan sekolah yang rusak bukan puluhan,” ujarnya.
Ia menambahkan, untungnya gempa terjadi pada malam hari tidak menimbulkan korban jiwa di sekolah. Namun tidak bisa dibayangkan jika terjadi pada saat jam belajar berlangsung.

Sementara itu, Bupati Loteng, H Moh Suhaili FT meminta kepada semua guru maupun kepala sekolah untuk tetap masuk. Pihaknya tidak mengingkan karena siswa libur mereka juga libur.
“Sedangkan untuk perbaikan secara permanen, akan diatur oleh dinas bersangkutan. Karena tidak mungkina semua sekolah akan dilakukan perbaikan secara permanen,” kata Suhaili.
Selain itu, Bupati mengharapkan agar dinas terkait untuk tetap melakukan minotoring ke semua sekolah. Bila memang kerusakan sangat membahayakan bagi siswa agar segera mencarikan solusi. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here