Beranda Headline Jelang Pilkades, Paket C Laris Manis

Jelang Pilkades, Paket C Laris Manis

BERBAGI
ILUSTRASI

PRAYA – Persyaratan minimal ijazah SMA sederajat bagi calon kepala desa (Cakades) membuat peminat ujian Paket C membludak. Kabid PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Dinas Pendidikan Loteng, H Moh Ahsan pun mengakui hal tersebut. Kata dia, memang balon kades maupun di legislatif wajib minimal berlatar belakang pendidikan SMA sederajat atau Paket C.
“Tapi mereka juga mesti melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Ya sama seperti siswa umumnya. Tidak bisa simsalabim langsung jadi,” jelasnya.
Berdirinya PKBM untuk mengejar ijazah setingkat SMA sendiri lanjutnya, sudah mulai diberlakukan dua tahun terakhir. Sehingga Ahsan berharap para peminat ijazah Paket C bagi balon kades atau bacaleg ini tidak boleh menggampangkan prosedur yang berlaku. Sebab, ijazah Paket C ini diterbitkan langsung oleh Kemendikbud.
“Jadi kita sendiri tidak bisa mengamini balon kades yang ingin mengajukan ijazah Paket C, tetap secara prosedural,” ungkapnya.
Di sisi lain, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Selebung Rembige, Takrit mengaku, meski pengumuman pendaftaran balon kades pada 12 Agustus mendatang, namun ia tidak memungkiri akan ada balon kades yang berlatar belakang Paket C.
“Ya, tapi tidak ada salahnya. Selama dia bisa menggerakkan kemajuan desa, ya silakan,” ujarnya. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here