Beranda Lombok Barat Jalan Desa Guntur Macan Dikeluhkan

Jalan Desa Guntur Macan Dikeluhkan

BERBAGI

LOBAR —Kondisi jalan di Desa Guntur Macan, dikeluhkan warga setempat. Menurut Pemerintah Desa (Pemdes), jalan itu tak pernah tersentuh program pembangunan infrastruktur jalan dan lainnya dari Pemkab Lobar. Kondisi jalan yang rusak berdampak terhadap potensi wisata, dan industri gula aren setempat.
“Jalan kabupaten sepanjang 2 kilometer perlu dirabat karena kondisinya sangat sempit,” usul Kepala Desa (Kades) Guntur Macan, H Murni, belum lama ini.
Karena akses jalan yang rusak dan sempit, warganya kesulitan mengangkut hasil panen dari pohon aren. Lantaran kendaraan roda empat tidak bisa berpapasan akibat sempitnya jalan. “Pernah tim dari pusat datang ingin mengecek lokasi (pohon gula aren), tapi terpaksa batal karena mereka tidak bisa melalui akses jalan yang rusak menuju kawasan gula aren itu,” ungkapnya.
Ia mengaku pernah mengajukan usulan rabat jalan saat Musrembang 2016 lalu. Saat itu desanya bersama Duman, memperoleh program rabat. Hanya saja pengerjaannya sampai di wilayah Desa Duman. “Terakhir, Bupati Lobar H Fauzan Khalid akan membangunkan kami jalan aspal di desa sekitar 1 kilometer. Kita menunggu realisasinya,” ujarnya.
Persoalan ini sudah ditanyakan ke dinas terkait, kenapa pengerjaan rabat jalan tidak menyentuh desanya. Namun dinas terkait justru tidak bisa memberikan jawaban. Ia sangat berharap akses jalan ini dibangun mengingat desanya memiliki potensi gula aren. Termasuk potensi perkebunan pohon aren yang jika dikembangkan bisa menjadi destinasi wisata. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here