Beranda Mataram Harga Kedelai Berangsur Stabil

Harga Kedelai Berangsur Stabil

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA Lalu Suparno

MATARAM – Plt Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan NTB L Suparno mengatakan, harga kedelai impor saat ini sudah turun menjadi Rp 7 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp12 ribu per kilogram.
Turunnya harga kedelai yang belakangan ini sempat melambung, karena regulasi pengiriman sudah mulai stabil. Serta persediaan kedelai impor sudah banyak yang masuk. “Stabilnya harga kedelai di pasaran karena regulasi pemerintah dan persediaan mulai normal,” katanya.
Mengenai harga harga kedelai impor, terpantau stabil di kisaran Rp 7 ribu per kilogram. “Bagi perajin kedelai yang penting harga harus stabil, kualitasnya bagus, dan selalu ada. Bila tiga hal ini terpenuhi sampai sekarang semuanya masih aman,” lanjutnya.
Harga ini turun cukup besar dari catatan kontan di akhir bulan April lalu, sempat menyentuh Rp 12 ribu per kilogram untuk kedelai impor. Menurutnya, gejolak harga utamanya disebabkan oleh perubahan kurs rupiah terhadap dollar yang stabil di kisaran Rp 14 ribu. Sehingga memberikan keseimbangan pada harga produk komoditas impor.
Jika sebelumnya tersedia kedelai lokal, untuk saat ini harga kedelai lokal masih kisaran harga Rp 14.000 per kilogram. “Harga kedelai lokal masih lebih mahal, kalaupun turun harganya Rp 12 ribu per kilogram,” pungkasnya. (cr-can/r3).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here