Beranda Politik Dianggap Mewakili Islam

Dianggap Mewakili Islam

BERBAGI
Wakil Ketua MPR Cak Imin (Dok. JawaPos.com)

JAKARTA – Media Survei Nasional (Median) merilis hasil riset terbarunya terkait bursa Calon Wakil Presiden (Cawapres). Hasilnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin disebut menjadi pasangan paling ideal untuk capres petahana Joko Widodo (Jokowi).
Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun mengatakan, saat ini Cak Imin memiliki elektabilitas tinggi. Bahkan termasuk yang tertinggi jika dipasangkan dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.
Selain itu, menurut Rico, Ketua Umum PKB ini dinilai bisa dijadikan modal oleh Joko Widodo guna menggaet pemilih dari kalangan Islam di Pilpres 2019. Mengingat selama ini, Jokowi kerap mendapat serangan terkait isu Islam.
“Cak Imin bisa membendung sentimen negatif terhadap Jokowi terkait isu Islam, karena Cak Imin dipandang pemilih sebagai tokoh yang paling bisa mewakili suara Islam dari kubu Jokowi, dibanding tokoh-tokoh pendukung Jokowi lainnya,” kata Rico di Jakarta, Jumat (3/8).
Cak Imin dianggap figur yang dekat dengan ulama maupun kalangan santri. Dengan demikian, ia diyakini dapat membendung sentimen negatif yang kerap kali diarahkan kepada Jokowi.
Oleh sebab itu lanjut Rico, figur Cak Imin dianggap paling bisa mewakili suara kalangan Islam dibanding figur cawapres lain di kalangan koalisi pemerintah. Berdasarkan survei Median, terlihat bagaimana para responden menempatkan figur Wakil Ketua MPR itu yang paling diharapkan dalam segi mewakili suara Islam.
“Ketika kami tanyakan, siapakah di antara para tokoh pendukung Jokowi yang dianggap paling bisa mewakili suara kalangan Islam? 20 persen menjawab Cak Imin, 9,2 persen JK, Abraham Samad 4,1persen, TGB 4 persen, Romy 3,9 persen, Airlangga 3,8 persen, Mahfud MD 3 persen, dan beberapa tokoh lainya di bawah 3 persen,” sambungnya.
Sebagai informasi, survei dilakukan pada 6-15 Juli 2018, terhadap 1.200 responden dengan margin of error sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sample dipilih secara random dengan tehnik Multistage Random Sampling dan proporsional atas populasi Provinsi dan Gender.
(sat/JPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here