Beranda Headline Bantu Pemulihan, PMI Standby di KLU

Bantu Pemulihan, PMI Standby di KLU

BERBAGI
Ahmad Rohadi/Radar Mandalika SOSIAL: Pengurus PMI Pusat, Provinsi dan Kabupaten melakukan kunjungan ke RSUD melihat korban bencana gempa, kemarin.

KLU —Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat turun langsung melakukan kunjungan terhadap korban dampak bencana gempa bumi di Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Timur. Kondisi gempa yang melanda beberapa lalu menjadi atensi PMI untuk turut melakukan penanganan pemilihan terhadap korban yang terdampak.
Rencananya, PMI akan membangun posko untuk melakukan pemulihan korban yang terdampak hingga dua bulan ke depan.
“Dua bulan kita akan stay di sini, khususnya untuk menangani kesehatan korban,” ungkap Kepala Divisi Penanggulangan Bencana Markas PMI Pusat, Arifin Muhamad Hadi, kemarin.
Selain akan bangun posko, jajaran PMI pusat bersama dengan PMI Provinsi NTB dan PMI Kabupaten Lombok Utara juga mendatangi korban bencana gempa yang masih dirawat di RSUD Tanjung. Dimana dalam kunjungan itu nampak sejumlah pasien yang dirawat mengalami beberapa luka-luka dan butuh penanganan intensif.
“Nanti kalau sepulang dari rumah sakit kita akan melakukan perawatan secara intensif kepada mereka hingga sembuh total,” janjinya.
Para korban bencana yang mengalami luka-luka dan belum bisa berjalan normal juga akan dibantu untuk difisioterapi. Pihaknya pun akan menyiapkan kursi roda bagi korban.
Dalam penanganan bencana gempa ini PMI menerjunkan ratusan relawan yang tersebar untuk membantu pemulihan korban terdampak. Di samping itu tenaga medis sendiri diterjunkan saat ini guna untuk menangani gangguan kesehatan korban.
Sementara Bupati Lombok Utara, H Najmjul Akhyar menyampaikan, status tanggap darurat selama tujuh hari akan diperpanjang hingga pekan depan. Hal ini lantaran anak-anak korban gempa masih trauma sehingga belum ada yang masuk sekolah. (cr-dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here