Beranda Headline Pemilih Pemula Silakan Merekam

Pemilih Pemula Silakan Merekam

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA PEREKAMAN: Warga menanti giliran untuk dilayani di Kantor Dukcapil Lobar, kemarin.

LOBAR —Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Lombok Barat (Lobar) mempersilakan, para pemilih pemula untuk segera melakukan perekaman dan membuat elektronik KTP (e-KTP). Menyusul sudah ditetapkannya Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) di Lobar untuk Pemilihan Legislative (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 oleh KPU setempat. Dari DPSHP tersebut terdapat penambahan pemilih yang diprediksi dari pemilih pemula.
“Bagi masyarakat yang belum memiliki e-KTP dan pemula, silakan kita tunggu di masing-masing kecamatan dan Dukcapil,” kata Kepala Dukcapil Lobar, H Muridun saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, kemarin.
Apalagi kembali dibuka pelayanan malam, para pemilih yang belum memiliki KTP bisa punya waktu lebih lama mengurus e-KTP. Tugas Dukcapil hanya merekam dan mencetak e-KTP, tidak ikut campur terkait proses Pemilu. “Setelah kita menyerahkan e-KTP, masyarakat bisa menggunakannya untuk Pileg atau Pilpres. Itu kewenangan si pemilik KTP,” katanya.
Ia tidak bisa memprediksi berapa wajib KTP pemula datang direkam. Proses mutasi penduduk yang tiap hari terus terjadi, baik lahir, mati, maupun pindah ikut mempengaruhi. “Yang pindah itu juga apakah wajib KTP atau tidak, tidak bisa kita ketahui. Data yang ada sekarang, besok bisa asja berubah populasi penduduknya,” jelasnya.
Berdasarkan data Dukcapil, dari wajib KTP 518 ribu, sudah perekaman sebanyak 453 ribu hingga bulan Juni 2018. Sisa yang belum perekaman sebanyak 64 ribu. “Ini pun harus kita mutakhirkan. Karena pengalaman di Lingsar, setelah dicetak by name by address ternyata ditemukan KTP pinjam nama,” ungkapnya.
Ia tegas membantah peran Dukcapil untuk membackup penyelenggara pemilu dalam data pemilih. Sebab sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu sudah dijelaskan jika penyelengara pemilu itu terdiri dari KPU, Panwaslu dan DKPP. “Dukcapil tidak masuk. Apakah tahun ini bisa selesai perekaman, yang penting kita sudah standby, sudah jemput bola ke desa. Itu tugas kita,” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here