Beranda Praya Metro Pasar Desa Gemel Bakal Direlokasi

Pasar Desa Gemel Bakal Direlokasi

BERBAGI

JONGGAT —Salah satu program skala prioritas Pemerintah Desa Gemel, Kecamatan Jonggat tahun ini yakni merelokasi pasar desa. Sebab lokasi pasar saat ini dinilai sangat kumuh.
Suryadi, salah satu warga Desa Gemel mengaku, dengan lokasi beroperasinya pasar desa saat ini banyak warga mengeluh. Pasalnya, selain mengakibatkan arus lalu lintas macet, juga terlihat kumuh karena areanya pasar tidak tertata. Sehingga warga berharap Pemdes melakukan relokasi pasar ke tempat lain.
“Maunya warga dan pedagang juga sih direlokasi,” ungkapnya.
Sementara Kades Gemel, H Achmad Musannif mengatakan, lokasi pasar mingguan milik desa yang ada di depan kantor desa ini beroperasi setiap Selasa. Sementara kondisinya memang kerap dikeluhkan warga dikarenakan sangat mengganggu pelayanan administrasi dan beberapa permasalahan lainnya di desa. Apalagi, pasar ini tidak memiliki tempat khusus melainkan menggunakan bahu jalan. Sehingga, berdasarkan usulan warga dan keluhan tersebut Pemdes berencana merelokasinya tahun ini ke sebelah Utara. Kalaupun tidak bisa, bisa diupayakan tahun depan.
“Lokasi baru hanya 10 meter dengan kantor desa,” ujarnya.
Mengenai luasnya, ia memastikan jika berdasarkan pertimbangan representatif Pemdes berencana membeli lahan seluas 10 are dengan harga Rp 200 juta melalui Dana Desa (DD). Dengan harapan nantinya pedagang bisa tertampung semua dan tidak mengganggu pengguna jalan. Selain itu, aktivitas pasar ke depannya juga tidak hanya dilakukan pada Selasa saja.
“Kita juga berencana membangun los pasar di sana nanti,” ujar bendahara FKD Jonggat ini.
Jika sudah tertata, tambahnya, Pemdes bisa memperoleh hasil retribusi dari pasar. Akan tetapi, untuk sementara ketika lahan sudah ada dan telah dipindah akan langsung ditempati. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here