Beranda Lombok Timur DPD RI Berpencar Bantu Korban Gempa

DPD RI Berpencar Bantu Korban Gempa

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA SALURKAN: Senator Dapil NTB, H Lalu Suhaimi Ismy aat menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Desa Sembalun Bumbung, kemarin.

LOTIM – Senator Daerah Pemilihan (Dapil) Nusa Tenggara Barat (NTB), H Lalu Suhaimi Ismy, mendistribusikan bantuannya ke Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun Lombok Timur (Lotim). Selain berupa kebutuhan makanan siap saji, juga memberikan bantuan uang tunai kepada masyarakat terkena dampak gempa di Desa tersebut. Bantuan itu bentuk keprihatinannya terhadap masyarakat korban gempa. “Sebelum kita kirimkan bantuan, kita koordinasikan dulu apa saja yang dibutuhkan. Agar bantuan bermanfaat,” kata anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, HL Suhaimi Ismy, kepada Radar Mandalika di Sembalun, kemarin.
Alasan penyaluran bantuan langsung ke kantor Desa Sembalun Bumbung, agar bantuan tersebut bisa disebarkan pada masyarakat desa. Karena desa yang lebih tahu, masyarakat yang akan menerima bantuan tersebut. Bukan saja mengirimkan bantuan makanan siap saji dan sejumlah uang. Tetapi juga mengaku sudah lebih dahulu mengirim satu orang dokter. Dokter dikirimnya itu, membantu menangani masyarakat secara medis. “Kami ada empat DPD RI asal NTB. Kami bagi wilayah, ada yang ke Bayan, Obel-obel dan Medayin Sambelia dan Sembalun. Bantuan ini sejak sehari setelah kejadian kami siapkan. Sengaja kami kirim hari ini (kemarin, red), supaya kebutuhan masyarakat tetap stabil,” jelasnya.
Kembali diungkapkan Suhaimi, Presiden spontan akan memberikan bantuan masing-masing Rp 50 juta. Data sementara diperolehnya sebagai anggota DPD, tidak kurang dari 1554 rumah mengalami rusak parah. Data korban terus dimantapkan, sehingga apa yang dijanjikan Presiden terhadap masyarakat agar betul-betul akurat.
Pengawalan dan koordinasi terhadap bantuan itu akan terus dilakukan di pusat. Sehingga, bantuan dijanjikan Presiden itu tidak terlalu berlama-lama. Jangan sampai masyarakat berbulan-bulan hidup di bawah tenda sederhana, yang bisa menimbulkan bencana baru. Sekarang saja informasi diterimanya, sudah ada masyarakat terkena penyakit ispa, dan lainnya.
“Kaitan dengan data bencana sebelumnya, akan kita lihat dulu. Tapi kami akan kawal janji itu, dan koordinasi tingkat pusat. Perintah Presiden itu, tidak boleh ada tawar menawar oleh seluruh aparat di bawahnya,” tandas Suhaimi.
Pada kesempatan itu, pihaknya berharap pada pemerintah maupun relawan dan siapa saja yang menaruh kepedulian terhadap korban gempa, tidak hanya pada ketika hari-hari bencana menaruh perhatian dan turun lapangan. Tapi hari berikutnya juga tetap disambangi, supaya tidak “latah” terhadap masyarakat. “Kita harapkan, bantuan ini benar-benar tepat sasaran,” pungkasnya sembari mengimbau masyarakat terkena dampak gempa, etap bersabar atas musibah yang dialami saat ini. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here