Beranda Lombok Timur Disos Gandeng Samanta Foundation

Disos Gandeng Samanta Foundation

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA PENJELASAN: Disos dan Samanta Foundation wilayah Nusra saat memberikan penjelasan menyatukan program untuk menekan jumlah angka kemiskinan daerah ini, kemarin.

LOTIM – Penekanan angka kemiskinan Lombok Timur (Lotim), terus dilakukan Dinas Sosial (Disos) setempat. Baik melalui program yang dianggarkan melalui APBD, maupun program pusat. Guna mempercepat proses penekanan angka kemiskinan itu, Disos Lotim menggandeng Samanta Foundation. “Samanta Foundation kita gandeng, karena memiliki visi dan misi sama mengentaskan kemiskinan,” kata Kepala Disos Lotim H Raden Mulyanto Tejo Kusumo kepada awak media di Selong, kemarin.

Kaitan dengan upaya pengentasan kemiskinan, diakuinya masih ada beberapa program pusat yang dianggapnya belum tepat sasaran. Itu lantaran pengawasan yang kurang. Pendataan warga miskin dilakukan satu orang per kecamatan, sudah dilakukan pada tahun sebelumnya. Sehingga, data dihasilkan valid.
Sekarang ini kata Mulyanto, terdapat formulasi baru dalam melakukan pendataan warga miskin. Satu orang, mendata satu desa. Harapannya, data warga miskin ditiap-tiap desa benar-benar ril. “Masalah data sampai hari ini masih menjadi pekerjaan rumah (PR) kita. Karena masih banyak penduduk miskin belum masuk data,” tegas Mulyanto.
Pada kesempatan itu, Direktur Samanta Foundation wilayan Nusa Tenggara (Nusra), Dwi Sudarsono mengatakan, pihaknya bersama Disos akan membuat program peduli untuk memberikan akses pada masyarakat marginal. Sehingga, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan dasar, terutama kaitannya dengan jaminan sosial.
Program Peduli ini ujar Dwi, tujuannya untuk memenuhi Peraturan Bupati (Perbup), kaitan dengan upaya pemerintah menghilangkan kemiskinan dan perlindungan jamaninan sosial. Utamanya bagi masyarakat penyandang kesejahteraan sosial. “Kami optimis angka kemiskinan di Lombok Timur bisa turun hingga satu persen setiap tahunnya. Mudah-mudahan saja program peduli ini berjalan baik,” pungkasnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here