Beranda Headline Lagi, Gempa Susulan Terjadi 26 Kali

Lagi, Gempa Susulan Terjadi 26 Kali

BERBAGI
RIFAI/RADAR MANDALIKA PENGUNGSIAN: Ratusan warga korban gempa saat berkumpul di sekiitar pengungsian, Minggu lalu.

MATARAM – Gempa susulan dengan kekuatan kecil terjadi 26 kali, kemarin. Dari kejadian ini, Badan Meteorologi Kegologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Mataram merilis wilayah Lombok yang diguncang gempa bumi tektonik yang terjadi sekitar pukul 06.25 dan 06.55 Wita.
Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=2,5. Episenter terletak pada kordinat 8,78 LS dan 116,26 BT atau tepatnya pada jarak 9 km arah Barat Daya Lombok Tengah NTB pada kedalaman 12 km .
Kepala BMKG Mataram, Agus Riyanto mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter, dan mekanisme sumbernya maka gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust). Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Guncangan gempa bumi ini, kata Agus dilaporkan telah dirasakan di daerah Bayan pada skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI). Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.
Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Agus juga menyampaikan pada pukul 04.36.48 WITA pagi gempabumi tektonik terjadi. Gempa yang sebelumya itu malah berkekuatan M=3,1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,84 LS dan 116,31 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16 Km Tenggara Lombok Tengah pada kedalaman 11 km.
“Masyarakat tetap tenang dan waspada,” pesan Agus. (cr-jho/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here