Beranda Headline FKD Serukan Pilkades Damai

FKD Serukan Pilkades Damai

BERBAGI

PRAYA —Forum Kepala Desa (FKD) Lombok Tengah menyerukan semua Bakal Calon Kepala Desa (Balonkades) mengedepankan Pilkades yang aman dan damai. Terutama bagi rekan Kades petahana yang bakal mencalonkan diri kembali.

“Mari kita hadapi Pilkades dengan santun dan bermartabat,” seru Ketua FKD Loteng, Sahim kepada Radar Mandalika via ponsel, kemarin.

Pilkades sejatinya, sambung pria yang juga Kades Nyerot ini, merupakan sebuah proses demokrasi dalam mencari pemimpin di desa, bukan lainnya. Sehingga sangat tidak baik dan tidak sportif jika seorang calon Kades itu menebar fitnah serta hoax dan membuat gerakan yang memecah belah masyarakat. Apalagi sampai membuat hastag ganti Kades seperti yang sudah muncul belakangan ini. Cara-cara ini sebutnya, akan terasa ketika menjadi Kades. Karena nantinya akan bersentuhan langsung dengan yang tidak mendukung maupun yang mendukungnya.

“Ini kan Pilkades serentak di 96 desa, kami di FKD tidak mau gejolak muncul gara-gara hal seperti itu,” ucap Kades dua periode ini.

Khusus untuk rekan-rekan Kades yang akan mencalonkan diri kembali, harap Sahim, hendaknya memberikan pembelajaran politik kepada calon lain, terutama bagi calon baru. Karena bagaimanapun, sebelum Pilkades dan beberapa minggu setelahnya jabatan Kades masih ia pegang. Artinya, dalam kondisi tersebut Kades harus memberikan pembelajaran politik kepada masyarakat. Selain itu lanjutnya, dalam regulasi juga jelas diatur mengenai larangan dalam berpolitik di akar rumput ini. Sebab sedikit saja isu yang dimunculkan bisa berakibat buruk bagi keamanan dan ketertiban di desa.

“Kalau ada hal yang dirasa tidak sesuai aturan dan sudah merugikan nama baik seseorang, lebih baik laporkan ke penegak hukum. Dari pada perang isu dan main hakim sendiri,” pesannya.

FKD juga berharap Pemkab lebih maksimal memetakan 96 desa yang rawan konflik. Bila perlu Pemkab ke depan adakan konsolidasi bersama dengan semua calon. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here