Beranda Praya Metro Bujak Gelontorkan 400 Juta untuk Lapen

Bujak Gelontorkan 400 Juta untuk Lapen

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA TUNTAS: Seorang ibu sedang melintas di ruas jalan desa yang di aspal oleh Pemdes Bujak, Kecamatan Batukliang, kemarin.

BATUKLIANG —Melalui Dana Desa (DD), Pemerintah desa Bujak, Kecamatan Batukliang tahun ini mengalokasikan dana Rp 400 juta lebih untuk program lapen (aspal) jalan desanya. Program ini menjadi paling prioritas tahun ini.

Sekretaris Desa (Sekdes) Bujak, H Muhammad Darwin mengaku, tahun ini hanya satu ruas jalan desa yang dilapen. Jalan tersebut berada di ruas jalan desa Kebon Belek-Colok dengan panjang 1300 meter dan lebar 2,3 meter. Program ini terlaksana melalui DD di tahap ke dua Rp 400 juta lebih.

“Kini, pengerjaannya sudah tuntas beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Adapun ruas jalan desa ini melintasi tiga dusun. Yakni Dusun Kebon, Rajam dan Colok. Sehingga bisa dikatakan ruas jalan ini merupakan salah satu jalan desa yang sangat strategis. Selain itu, untuk program lapen ini sudah lama diharapkan warga. Terlebih kondisi jalan sebelumnya berdebu. Hanya saja, sebelumnya masih ada ruas jalan lain yang diprioritaskan. Sebagai bagian dari pemeliharaan, sebelum dilapen terlebih dahulu ruas jalan ini dilakukan pentaludan.

“Program ini cukup menyedot DD kita tahun ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Kesra Desa Bujak, Mastur mengatakan, lapen jalan desa sejak tahun lalu sudah menjadi program prioritas desa. Ini terbukti dengan besarnya dana yang bersumber dari DD yang terserap di program tersebut. Yakni sebesar Rp 648 juta lebih. Diketahui, tahun lalu ruas jalan yang dilapen hanya satu ruas saja, Colok-Tain Petuk. Namun panjangnya mencapai 1500 meter. Ruas ini melintas di empat dusun, Dusun Colok, Bajur, Sape dan Tain Petuk. Dengan adanya program ini, warga empat dusun sudah merasakan azas manfaat dari adanya dua ruas jalan tersebut. Terutama manfaat untuk akses ekonomi.

“Mungkin tahun depan program ini ada, tapi kita belum lihat program yang bakal masuk dalam RKPDes yang dimasukkan tim perumus,” katanya. (bam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here