Beranda Lombok Barat Setuju DPMP2TPS Minta Jaminan

Setuju DPMP2TPS Minta Jaminan

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA Hj Nurhidayah

LOBAR —Komisi II DPRD Lombok Barat (Lobar) mendukung rencana Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTPS) Lobar. Rencana itu adalah meminta uang jaminan bagi investor yang ingin berinvestasi dalam pembangunan pariwisata di Lobar.
Tujuannya untuk mencegah terjadinya broker atau makelar. Apalagi dari 240 investor dari katagori penanaman modal asing (PMA), 50 persen diantaranya terkesan lamban dalam pengerjaan investasinya. “Itu (agunan) bagus untuk mencegah broker-broker,” ujar anggota Komisi II DPRD Lobar, Hj Nurhidayah.
Ia sepakat jika cukup banyak investor yang sudah menguasai lahan di kawasan wisata Sekotong, namun tidak dilakukan pembangunan hingga kini. Tentunya ini akan berimbas kepada daerah. “Daripada hanya buat izin tapi tidak dibangun. Kalau broker, nantinya akan dijual lagi,” ujar politisi Gerindra ini.
Menurut politisi wanita asal Gunung Sari ini, jaminan perlu diberlakukan. Apalagi hal serupa sudah diberlakukan daerah lain bagi para investor. Ketika jaminan itu disimpan di bank daerah, menurutnya, tidak melanggar ketentuan alias dibolehkan. Hanya perlu dibekali regulasi yang mengikat seperti peraturan bupati (Perbup), seperti diberlakukan daerah lain. “Kalau di daerah lain bisa seperti itu, kenapa kita tidak bisa,” tegasnya.
Satu catatannya. Adanya jaminan itu jangan sampai menghambat investasi di Lobar. Terlebih sudah ada regulasi dari pemerintah pusat untuk mempermudah pengurusan investasi. “Nanti kita pikirkan regulasinya seperti apa yang aman, agar tidak menjadi boomerang,” ungkapnya.
Sebelumnya, DPMPTPS berencana memberlakukan uang penjamin. Ini untuk memastikan investor asing bersungguh-sungguh ingin berinvestasi di Lobar. Bukan sekedar menjadi broker (makelar). Nantinya investor harus memasukkan uang ke bank daerah sebagai pengikat. Jika investor itu tidak membangun di lahan yang dikuasai sampai jangka waktu pengajuan proposal, maka uang itu akan gugur. (cr-win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here