Beranda Praya Metro Setiling Bikin Pusat Poskamling Desa

Setiling Bikin Pusat Poskamling Desa

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA PUSAT POSKAMLING: Seorang warga Desa Setiling menunjukkan bangunan pusat Poskamling yang ada di area kantor desa setempat.

BKU —Guna memaksimalkan kinerja Badan Keamanan Desa (BKD) dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Pemdes Setiling, Kecamatan Batukliang Utara memprogramkan pembangunan pusat Poskamling.
Kades Setiling, Lalu Agus Satriaji mengatakan, selain program pengaspalan dan rabat jalan desa tahun ini Pemdes juga memprioritaskan program pembangunan pusat Poskamling yang akan ditempati oleh BKD. Program ini dikerjakan secara bertahap sejak tahun lalu dengan ukuran 4×6 meter. Pemdes pun mengalokasikan dana sebanyak Rp 25 juta melalui Dana Desa (DD). Namun saat itu, dana tersebut hanya bisa membangun pondasi. Sehingga menuntaskan proyek tersebut, tahun ini Pemdes kembali mengalokasikan dana sebesar Rp 65 juta melalui DD. Bahkan rencananya, bangunan pusat Poskamling ini akan dibangun dua lantai. Dengan harapan, untuk lantai dasar akan dijadikan pusat monitoring Kamtibmas desa oleh pengurus BKD selama 24 jam. Sedangkan di lantai dua, akan difungsikan sebagai ruang mediasi ketika ada persoalan Kamtibmas yang membutuhkan penyelesaian secara musyawarah.
Lanjutan pengerjaan Pusat Poskamling ini pun tambah Agus akan dimulai dalam waktu dekat. Sehingga ia memastikan dalam waktu sebulan lebih bangunan tersebut sudah bisa difungsikan. Selain itu, nantinya pusat Poskamling tersebut akan menjadi pusat monitor pengurus BKD terhadap keberlangsungan ronda malam di 13 dusun yang ada. Karena sebelumnya, pada tahun lalu Pemdes telah mengalokasikan dana untuk pengadaan Poskamling di 13 dusun sebesar Rp 39 juta.
“Semua anggota BKD juga sudah punya HT, jadi mudah komunikasi,” ucapnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here