Beranda Praya Metro Sepakek Fokus Berdayakan Masyarakat

Sepakek Fokus Berdayakan Masyarakat

BERBAGI
ILUSTRASI

PRINGGARATA —Pemerintah Desa Sepakek, Kecamatan Pringgarata terus fokus pada program peningkatan pembangunan infrastruktur desa. Namun tahun ini, Pemdes Sepakek juga mulai memperbanyak program pelatihan.
Kades Sepakek, Mustakim mengatakan, jika dilihat dari pembangunan fisik, kini sudah banyak perubahan. Hanya saja, jika dilihat dari segi pemberdayaan masyarakat masih belum maksimal. Hal ini pun membuat Pemdes menjadikan program pemberdayaan ini sebagai pekerjaan rumah di era kepemimpinannya.
Dikatakan kades dua periode ini, pemberdayaan ini sangat penting diperbanyak. Hal ini untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan warga di semua profesi yang dilakoni. Untuk pemberdayaan petani misalnya, tahun ini akan diprogramkan pelatihan kepada kelompok usaha pertanian. Selain itu juga akan digelar pelatihan pengolahan kerepik buah, pemberdayaan pembudidaya jambu kristal dan pelatihan kerajinan industri rumahan.
“Untuk memperbanyak pemberdayaan berupa pelatihan-pelatihan ini sangat banyak peluangnya karena kan ada 25-30 persen jumlah DD kita diperuntukkan untuk pemberdayaan,” ungkapnya.
Sedang untuk mendukung program pemberdayaan keterampilan warga di sektor ekonomi, pihaknya akan memaksimalkan pemberdayaan melalui BUMDes yang ada. Sebab BUMDes Sepakek kini sudah aktif dan memiliki pengurus aktif. Nantinya, semua hasil dari pengembangan kerajinan itu akan diserap oleh BUMDes. Sehingga, selain memudahkan pemasaran dan membantu perekonomian warga, juga bisa menjadi salah satu unit usaha perusahaan yang mampu menambah pendapatan asli desa (PADes).
“Nanti bisa saja modal usaha dari BUMDes,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here