Beranda Headline Senaru Kurang Dapat Perhatian

Senaru Kurang Dapat Perhatian

BERBAGI

MATARAM – Ketua Fraksi PKS DPRD NTB, Johan Rosihan melihat wilayah Senaru, Lombok Utara kurang mendapatkan perhatian dibandingkan kawasan Sembalun, Lombok Timur. Padahal sama-sama ditimpa musibah pasca gempa bumi Minggu lalu.
Kondisi itu menyebabkan Johan langsung membangun koordinasi dengan BNPB dan juga sudah direspons agar bantuan tidak menumpuk semua di Sembalun. Artinya bantuan agar didistribusi juga ke tempat lain termasuk dikawasan Senaru.

Hasil pantauannya di lokasi dimana distribusi bantuan kurang dikoordinasi, masing-masing lembaga sosial, dinas instansi juga pemda terlihat jalan sendiri, seharusnya menurut dia Dinas Sosial atau BNPB mendata lembaga sosial yang menurunkan tim dan posko, selanjutnya dibagi posisinya pada daerah terdampak secara merata dan proporsional.

Tidak hanya itu selain bantuan makanan dan fisik lainnya namun yang sangat dibutuhkan warga tim trauma healing, karena warga sudah tidak ada yang berani menginap dirumahnya, mereka trauma melihat kondisi rumah bagian dalam, bahkan untuk makan saja mereka ada yang tidak sanggup karena kondisi psikologis.

“Memang butuh tim trauma healing,” kata Johan di Mataram, kemarin.

Terkait dengan data pengungsi, sudah lengkap dimiliki BNPB bahkan Senin (30/07) malam Johan mengaku, langsung berbicara dengan kepala desa setempat dan data resmi sudah diberikan. Tinggal masalah koordinasi dan management tanggap bencananya saja yang perlu diperbaiki.

“Intinya koordinasi satu sama lain harus terjalin,” pinta Johan. (cr-jho/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here