Beranda Headline Peringkat Universitas Hamzanwadi jadi 116

Peringkat Universitas Hamzanwadi jadi 116

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA Hj Sitti Rohmi Djalilah

LOTIM – Universitas Hamzanwadi Selong Lombok Timur (Lotim), terus menunjukkan eksistensinya dalam dunia pendidikan. Meski sebagai Perguruan Tinggi (PT) swasta, namun dari segi kualitas dan kuantitas, mampu bersaing dengan PT negeri maju lainnya. Hebatnya tahun 2017 lalu, posisi Universitas Hamzanwadi Selong berada diurutan 200, dari 4.498 perguruan tinggi se -Indonesia. Tapi berkat kerja kerasnya, mampu melesat tajam dari posisi 200 dan kini diurutan 116 se-Indonesia. Peringkat itu, hasil dari lembaga perengkingan PT dunia, yang dirilis UniRank yang merupakan lembaga dunia yang melakukan perengkingan rutin setiap tahunnya.

Universitas Hamzanwadi Selong, bercokol di bawah Universitas Negeri Gorontalo, atau berada di atas Universitas Muhamadiyah Sumatera. Artinya dalam waktu satu tahun, terdapat 84 PT tersebar di Indonesia, yang dilompatinya, karena banyaknya prestasi yang ditorehkan PT swasta terbesar di NTB ini.
“Alhamdulillah, dulu tahun 2017 peringkat Universitas Hamzanwadi diurutan 200. Tahun ini, diurutan 116. Ini menunjukkan adanya kemajuan cukup pesat di semua bidang yang ada perguruan tinggi kita ini,” kata Rektor Universitas Hamzanwadi Selong, Hj Sitti Rohmi Djalilah, kemarin.
Doktor jebolan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini menjelaskan, sebagai kampus lokal terbaik swasta di NTB, namun nama Universitas Hamzanwadi, dikatakannya sudah mengglobal. Sudah banyak prestasi ditorehkan, baik dalam mau pun luar negeri. Universitas Hamzwadi, disebutnya salah satu perguruan tinggi swasta yang diperhitungkan di dalam mau pun luar negeri.
Apalagi sambungnya, perguruan tinggi mendapatkan nilai akreditasi B sangat baik ini, sudah banyak membangun kerjasama dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Kerjasama itu, sifatnya berkesinambungan, salah satnya seperti pertukaran mahasiswa, magang dan sebagainya. Bahkan, tak sedikit diantara para mahasiswa yang dikirim magang, ditawarkan menetap untuk mengajar disekolah tempatnya menimba ilmu. Salah satunya seperti di Malaysia, belanda, dan beberapa Negara lainnya.
“Kemajuan yang kami alami saat ini tidak membuat kami berpuas diri,” ujarnya.
Untuk menjadi perguruan tinggi yang semakin bagus, banyak program yang sudah disiapkan dan dijalankan. Bahkan, menyediakan fasilitas bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI mau pun Polri, yang ingin meningkatkan kualifkasi pendidikannya. Selain itu, pelatihan bahasa inggris geratis bagi mahasiswa dan lainnya. Sementara program keluar kampus, Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) seperti pemberian bantauan trauma helling.
“Bantuan bencana gempa di Sambelia, Sembalun dan Bayan, kami siapkan tim trauma helling di semua lokasi dari kalangan mahasiswa dan dosen,” ceritanya.
Prestasi ini ungkap Rohmi, tidak lepas dari kerjasama baik dan penuh sungguh-sunggu dari civitas akademika. Ia berharap, kedepan bisa masuk peringkat puluhan nasional, bahkan berdiri sejajar dengan kampus terbaik nasional.
“Saya mengajak, yuk para generasi NTB dan Indonesia, gabung bersama kampus Universitas Hamzanwadi, biaya kuliah yang terjangkau dengan kualitas bagus,” serunya. (adv/fa’i/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here