Beranda Lombok Barat Pencairan DD Tahap II Sampai Agustus

Pencairan DD Tahap II Sampai Agustus

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA Kusuma Supake

LOBAR —Pencairan Dana Desa (DD) tahap II terus berproses. Dari 119 desa di Lombok Barat (Lobar), baru 70 desa yang sudah mencairkan DD tahap II. “Itu yang sudah mencairkan dari rekening ke kas desa,” kata Kabid Pemerintah Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lobar, Kusuma Supake, kemarin.
Sesuai syarat pencairan, pemerintah desa sebelumnya harus menyerahkan laporan realisasi DD tahap I. Untuk tahap II ini, DD ditransfer dari rekening kas daerah ke rekening kas desa sejak 28 Juni lalu. Sesuai jadwal pencairan tahap II paling lambat dilakukan hingga Agustus mendatang. “Setelah itu tahap III sampai September nanti,” jelasnya.
Tahapan pencairan ini sedikit molor dari jadwal yang ditentukan. Dimulai dari tahap I sudah terjadi keterlambatan. Itu disebabkan program padat karya tunai yang baru diberlakukan pemerintah pusat, membuat pemerintah desa harus merubah APBDes yang sudah rampung. “Sebenarnya banyak yang selesai APBDes-nya. Cuma harus diperbaiki lagi,” jelasnya.
Mengenai saran pemerintah desa untuk memotong birokrasi pengurusan, ia membenarkan jika hal itu akan cepat proses eksekusi DD. “Cuma kita ikuti ketentuan Kemenko KMK, aturannya ada di situ,” pungkasnya. (cr-win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here