Beranda Mataram LMIN Sajikan Sate Ikan Tanjung

LMIN Sajikan Sate Ikan Tanjung

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA LOMBA: Peserta lomba masak serba ikan yang rutin digelar beberapa waktu lalu.

MATARAM —Lomba masak serba ikan tahun ini akan dikemas berbeda. Mulai dari segi nama, hingga pilihan menu yang akan dilombakan. “Tahun ini namanya Lomba Masak Ikan Nusantara (LMIN), dengan pilihan menu sate ikan Tanjung,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kota Mataram, Hj Baiq Sujihartini, kemarin.
Istimewanya, juara lomba masak ikan nusantara asal Kota Mataram akan mendapat kesempatan memasak di Istana Presiden. Bahkan hasil masakannya akan langsung dicicipi Presiden RI Joko Widodo. Bersama 10 perwakilan kabupaten/kota lain di Indonesia. “Mataram termasuk bersama 10 kabupaten/kota se Indonesia untuk audisi. Dan ini pertama kalinya Kota Mataram dipilih,” imbuhnya.
Sebagai juri dalam lomba masak ikan nusantara ini, tidak orang sembarangan. Salah satu jurinya adalah dari koki istana kepresidenan. Untuk peserta, bukan hanya dari PKK dan OPD lingkup Pemkot Mataram. Diberikan pula kesempatan berlomba para chef di katering, maupun masyarakat umum yang diutus dari kelurahan. “Pelaksanaan lombanya tanggal 6 Agustus di halaman Kantor Wali Kota Mataram,” ujarnya.
Melalui lomba ini, tujuan tak lain untuk meningkatkan konsumsi ikan, sekaligus memasyarakatkan ikan. Dipilihnya menu sate ikan Tanjung, diakuinya, atas permintaan langsung dari staf kepresidenan. “Karena terkenal juga kan sate Tanjung. Jelas berbahan ikan,” ujarnya.
Selain lomba masak ikan nusantara, di hari yang sama juga digelar lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA). “Mudah-mudahan wakil Kota Mataram bisa bicara di lomba B2SA tingkat provinsi, dan melaju ke nasional,” katanya.
Digabungnya kedua kegiatan bertema masak-masak tersebut, menurut Sujihartini, untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus, dan HUT Kota Mataram yang diperingati tanggal 31 Agustus. “Tahun ini sengaja digabung biar semarak,” ungkapnya. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here