Beranda Lombok Timur BTNGR Bentuk Posko Pengaduan

BTNGR Bentuk Posko Pengaduan

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA Sudiyono

LOTIM – Kendati proses evakuasi diklaim sudah tuntas, dan Rinjani sudah bersih dari pendaki, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) NTB tetap membentuk posko pengaduan. Posko dibentuk untuk mengantisipasi adanya pendaki yang dimungkinkan masih terjebak di Rinjani. “Selama status tanggap darurat, kita bentuk posko pengaduan di kantor Balai TNGR Resort Sembalun,” kata Kepala BTNGR NTB, Sudiyono, di kantornya, kemarin.
Untuk menerima informasi dari masyarakat, posko pengaduan sudah menyebarkan nomor call center yang bisa dihubungi masyarakat, manakala menemukan atau mendapatkan informasi adanya pendaki yang terjebak. Nomor call center yang disiapkan 24 jam aktif, yakni 0811283939. “Nomor call center sudah kita sebarluaskan,” tegasnya.
Setiap hari ungkap Sudiyono, pihaknya terus melakukan update informasi kondisi lapangan. Hasil pembaharuan informasi, ditempelkan di papan pengumuman. Sehingga, semua masyarakat bisa mengakses setiap perkembangan informasi yang diterima BTNGR. “Informasi terus kita perbaharui. Termasuk data pendaki, siapa tahu ada ditemukan kembali,” tandasnya.
Untuk diketahui, tim dari Badan SAR Nasional (Basarnas) juga tetap siaga di lokasi bencana dalam waktu tidak ditentukan. Kesiapsiagaan itu mengantisipasi adanya laporan masuk kaitan dengan pendaki yang masih terjebak atau lainnya. Sehingga, Basarnas bisa bergerak cepat melakukan evakuasi. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here