Beranda Praya Metro 28 Kades Belajar ke Malang

28 Kades Belajar ke Malang

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA DILATIH: Sejumlah 28 kades se-Loteng mengikuti pelatihan pemerintahan desa yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pemerintahan Desa Malang di Malang, kemarin.

PRAYA —Sebanyak 28 kepala desa (Kades) di Lombok Tengah, Senin (30/7) terbang ke Malang, Jawa Timur. Kepergian mereka untuk mengikuti pelatihan penataan pemerintahan desa yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa di Regional Balai Besar Pemerintahan Desa.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Loteng, Jalaludin menyatakan, keberangkatan para kades tersebut bukan barang baru. Sebab setiap tahun dilakukan secara berkala dan merupakan bentuk kemitraan Pemkab dengan Balai Besar Pemerintahan Desa Malang. Bahkan untuk tahun lalu, Kabupaten Loteng mengirim 60 kades yang terbagi dalam dua angkatan. Masing-masing angkatan berjumlah 30 orang dan itu belum termasuk pendamping dari dinas.
“Jadi kita setiap tahun dapat jatah mengirim kades untuk dilatih di sana, termasuk pendamping dari dinas,” ujarnya.
Ditambahkan, merujuk surat yang masuk dari Balai Malang, untuk 28 kades ini di sana akan dilatih seputar penataan pemerintahan desa selama sepekan. Selain itu juga, untuk materi pelatihannya seputar upaya untuk peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa dan kelembagaan masyarakat desa pada umumnya. Dengan harapan, nantinya setelah balik ke Loteng, ada nuansa baru yang bakal dilakukan untuk mengupayakan penguatan peran dari kelembaga desa yang ada. Karena seperti diketahui, saat ini di sebagian besar desa, khususnya Loteng masih banyak yang lembaga desanya belum berperan secara maksimal sebagai upaya penguatan pemerintahan desa.
“Kita berharap ilmu yang di dapat di sana bisa diterapkan di sini. Terutama 15 kades yang ikut itu baru beberapa tahun menjabat,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here