Beranda Praya Metro Warga Awang Butuh Disentuh Pemerintah

Warga Awang Butuh Disentuh Pemerintah

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA H Bangun

PRAYA — Warga Awang Desa Mertak, Kecamatan Pujut membutuhkan banyak fasilitas pendukung untuk berjalannya roda perekonomian di sana. Termasuk membutuhkan air bersih juga. Untuk itu, diharapkan Pemkab Loteng bisa merespons.
Kades Mertak H Bangun menyampaikan bahwa saat ini, Pelabuhan Awang sudah mulai banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Hanya saja oleh masyarakat masih merasa kwalahan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang datang, karena membutuhkan fasilitas pendukung.
“Kami berharap pemerintah membangunkan kami lapak atau berugak juga. Karena itu akan kami gunakan untuk berjualan berbagai macam kuliner ikan, mutiara, rumput laut hingga warung nasi,” katanya, beberapa hari yang lalu.
Bangun menilai bahwa selama ini, perhatian pemerintah masih sangat kurang, bagi masyarakat yang berada di lingkar pelabuhan membuat perekonomioan berdampak juga. Namun disatu sisi, kunjungan masyarakat dari luar terus meningkat.
“Roda perekonomian masyarakat kami yang ada di sini bisa dibilang jalan di tempat,” bebernya.
Padahal, jika melihat potensi yang ada yakni dengan akan dioperasikanya pelabuhan tersebut. Maka secara otomatis pelabuhan itu nantinya akan ramai dikunjungi, sehingga masyarakat setempat juga harus siap dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) dan berbagai fasilitas yang ada.
“Setidaknya para nalayan juga menginginkan usaha lain seperti berjualan dan usaha- usaha lainya,” katanya.

Kadus Awang Balak Waknapise menegaskan, sebenarnya bila pelabuhan awang telah beropasi, perekonomian masyarakat sekitar akan membaik. Sebab, mereka bisa bekerja di sana untuk memenuhi kebutuhannya. Selain itu, pendapan daerah (PAD) juga akan meningkat pastinya.
Sementara, Bupati Loteng, H Moh Suhaili FT berjanji akan segera merealisasikan permintaan warga tersebut, karena memang warga awang harus bisa menikmati keberadaan pelabuhan tersebut dengan bisa berdampak ke perekonomian mereka.
“Kita akan siapkan anggaran untuk membuat lapak dan berugak,” janji Suhaili.
Bupati dua periode ini mengungkapkan, yang terpenting nantinya saat pelabuhan itu dioperasikan, warga awang diminta untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban. Mengingat kapal yang akan bersandar di tempat itu juga merupakan kapal-kapal dari berbagai daerah.
“Jadi nantinya masyarakat selain bisa berjualan, masyarakat juga akan dipekerjakan,” kata Suhaili. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here