Beranda Praya Metro Pantai Bumbang Mulai Ditata

Pantai Bumbang Mulai Ditata

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA CLEAN UP: Untuk mengisi hari libur, sejumlah pemuda Desa Mertak yang tergabung dalam organisasi FORPAM melakukan bersih-bersih pantai yang mereka sebut clean up di Pantai Bumbang, Minggu (29/7).

PUJUT —Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Forum Aspirasi Pemuda Mertak (FORPAM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berkarya Desa Mertak, Kecamatan Pujut melakukan aksi bersih-bersih Pantai Bumbang, Minggu (29/7). Kegiatan ini bagian dari komitmen untuk menata kembali Pantai Bumbang yang namanya kini mulai tersohor.
Direktur BUMDes Berkarya Desa Mertak, Sri Anom Putra Sanjaya mengungkapkan, kegiatan bersih-bersih pantai ini merupakan salah satu agenda rutin divisi lingkungan. Selain itu hal ini juga dalam membantu BUMDes menata sepanjang Pantai Bumbang yang berlokasi tepat di depan TWA Gunung Tunak.
“Planning kita menjadikan pantai ini menjadi destinasi wisata yang populer di kawasan selatan,” ujarnya.
Pria yang juga menjabat Sekretaris FORPAM ini menambahkan, selain kegiatan bersih-bersih secara rutin, nantinya juga pihaknya akan membangun lapak-lapak yang ditempati warga sekitar untuk berjualan. Agar memiliki daya tarik tersendiri, lapak-lapak tersebut akan didesain semenarik mungkin. Sebab di dalam kawasan TWA Gunung Tunak sendiri, pengunjung tidak diperbolehkan membeli makanan karena memang tidak ada izin untuk berdagang. Karena itu, agar bisa memenuhi kebutuhan pengunjung, pihaknya berinisiatif untuk merencanakan pemberdayaan tersebut dengan menggelar lapak-lapak bagi masyarakat sekitar. Selain itu, BUMDes juga akan menyediakan fasilitas wisata lainnya seperti kano, ban renang, tempat selfy, banana boat dan permainan alternatif lainnya sebagai daya tarik bagi pengunjung.
“Kan gelombang di sini cukup tenang, jadi sangat cocok untuk segala permainan pantai,” ucapnya.
Sementara itu Kades Mertak, H Bangun mengatakan, rencana pihak Direksi BUMDes tersebut sangat diapresiasinya. Sebab, saat ini pemerintah pusat melalui ITDC sedang gencar-gencarnya melakukan pengembangan kawasan di kawasan selatan Loteng. Sebagai upaya mendukung itu semua, Pemdes pun diharapkan membuat kreasi dan inovasi tersendiri untuk memunculkan wisata lokal yang ada di desa.
“Ya sekarang pantainya kita tata dulu dan dibersihkan. Setelah itu baru nanti kita buatkan lapak dan fasilitas tambahan lainnya,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here