Beranda Headline Mataram Peduli Korban Gempa

Mataram Peduli Korban Gempa

BERBAGI
RIRIN/RADAR MANDALIKA BANTUAN: Tagana dari Disos Kota Mataram sedang mengemasi bantuan yang akan diberikan bagi korban gempa di Lotim, kemarin.

LPA Beri Trauma Healing

MATARAM—Pemkot Mataram menunjukkan kepeduliannya terhadap korban gempa di Lombok Timur (Lotim), dan Lombok Utara. Kemarin, bantuan logistic dan uang yang dihimpun dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Mataram, Baznas, dan masyarakat Kota Mataram diantarkan bagi korban gempa di Lotim. “Kita akan turunkan bantuan untuk dua tempat, Lotim, dan KLU sebagai lokasi yang paling terdampak dari gempa,” kata Wali Kota Mataram, H Ahyar Abduh, kemarin.
Diawal pengiriman bantuan ke Sembalun, Wali Kota ikut langsung mengantarkan bantuan bersama jajaran Pemkor Mataram. “Besok (hari ini, Red) kita akan kirim bantuan ke KLU. Bantuan itu pengumpulan dari ASN, masyarakat, dan Baznas Kota Mataram,” jelasnya.
Menyikapi masih terjadinya gempa susulan pasca gempa utama berkekuatan 6,4 SR tersebut pada Minggu (29/7) pagi, Wali Kota mengimbau masyarakat tetap waspada. Meski untuk di Kota Mataram sampai saat ini tidak ada laporan kerusakan maupun korban akibat gempa. Kepada para jamaah calon haji (JCH) Kota Mataram yang telah diberangkatkan beberapa hari lalu, Wali Kota juga telah menitipkan doa untuk keselamatan dan keberkahan Kota Mataram. “Mungkin nanti Jumat pas imtaq juga akan doa bersama,” imbuhnya.
Bantuan juga diambilkan dari stok Dinas Sosial (Disos) Kota Mataram. Tagana Kota Mataram, Tohri mengatakan, bantuan yang siap disalurkan berupa tikar, dan mi instan. Sebelumnya telah dikirim enam tenda beserta tujuh personel Tagana dari Kota Mataram ke lokasi bencana. “Dari Disos juga ada pakaian, dan seragam sekolah,” imbuhnya saat ditemui sedang menaikkan bantuan ke truk Pol PP di kantor Wali Kota Mataram, kemarin.
LPA Beri Trauma Healing
Selain bantuan, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Mataram juga mengirimkan tiga psikolog untuk memberikan trauma healing kepada anak-anak pasca gempa. “Anak-anak akan diajak bermain. Kita akan bawa alat permainan, dan alat menggambar untuk menghibur dan menghilangkan trauma anak-anak korban gempa,” kata Ketua LPA Kota Mataram, Nyayu Ernawati, kemarin.
LPA juga telah mengumpulkan bantuan berupa kebutuhan anak-anak. Seperti susu, pampers, dan kebutuhan anak-anak lainnya. Bantuan yang terkumpul akan dikirim bersamaan dengan rombongan Wali Kota Mataram yang meluncur menyalurkan bantuan, kemarin. “Sekalian kita penjajakan dulu, untuk melihat apa kebutuhan anak-anak di sana. Dua atau tiga hari, kita akan balik lagi ke lokasi,” jelasnya.
Sejauh ini, dana yang terkumpul dari sumbangan memang baru mencapai Rp 2,6 juta lebih. Namun, LPA juga banyak menerima bantuan barang. “Kami siap jemput bagi donatur yang ingin memberikan bantuan, selama masih di Kota Mataram. Kita utamakan kebutuhan anak-anak dan perempuan, seperti pembalut dan pakaian dalam,” pungkasnya. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here