Beranda Headline Jamaah 120 Tahun Berangkat Haji

Jamaah 120 Tahun Berangkat Haji

BERBAGI
HUMAS LOBAR FOR RADAR MANDALIKA TETAP SEMANGAT: Inilah Amaq Dirah, JCH tertua di Lobar yang diantar keponakannya saat pelepasan JCH kloter campuran di Becingah Agung Kantor Bupati Lobar, Minggu (29/7).

LOBAR —Sebanyak 131 jamaah calon haji (JCH) Lombok Barat (Lobar) yang masuk kloter campuran sudah diberangkatkan, Minggu (29/7) lalu. Dari jumlah JCH itu ternyata terdapat satu jamaah tertua berusia 120 tahun. Namanya Amaq Dirah, warga Desa Duman Kecamatan Lingsar.
Saat dilepas Bupati Lobar H Fauzan Khalid di Becingah Agung Kantor Bupati, Amaq Dirah hanya terduduk di kursi rodanya. Meski begitu, kakek yang masuk rombongan tiga di regu 11 itu, terlihat bersemangat untuk menunaikan rukum Islam kelima itu.
Menurut keponakannya, Ahmad Zakaria, pamannya mendaftar untuk berhaji pada tahun 2003. Saat itu pamannya mendaftar melalui Kota Mataram. Seharusnya pamannya berangkat pada tahun 2016 atau 2017. Namun karena pada tahun itu kuota JCH Kota Mataram penuh, Amaq Dirah batal berangkat.
Diakui, pamannya itu sempat putus asa tidak jadi berangkat haji. Terlebih lagi saat mendaftar, usia Amaq Dirah sudah 80 tahun. Kondisi itu membuat pihak keluarga mencari jalan agar sang paman bisa diberangkatkan. Dari hasil musyawarah pihak keluarga, disarankan agar Amaq Dirah memilih diberangkatkan melalui Lobar. Keputusan itu berbuah manis. Kakek 120 tahun ini masuk melalui jalur JCH lansia di Lobar.
“Kami sekeluarga sangat berterima kasih kepada pemerintah dan Kantor Kemenag Lombok Barat yang telah memberikan jalan. Walaupun melalui jalur lansia agar paman saya bisa berangkat tahun ini,” ungkapnya.
Ahmad berharap ada perhatian khusus bagi pamannya saat di Kota Suci Mekkah. Lantaran pendengaran Amaq Dirah sudah sedikit terganggu, karena faktor usia. (cr-win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here