Beranda Lombok Barat Bupati Minta Tangani Daerah Dulu

Bupati Minta Tangani Daerah Dulu

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA DISTRIBUSI: Bupati Lobar H Fauzan Khalid didampingi Kepala Pelaksana Tugas BPBD Lobar, H M Najib saat mengecek bantuan yang akan didistribusikan, di Kantor BPBD Lobar, kemarin.

LOBAR —Gempa 6,4 skala richter (SR) yang menguncang, Minggu (29/7) lalu, menimbulkan kerusakan sejumlah rumah di Lombok Barat (Lobar). Laporan awal sebanyak empat rumah di tiga titik rusak. Jumlah itu bertambah menjadi delapan rumah. Yaitu di Desa Guntur Macan Kecamatan Gunung Sari sebanyak tiga rumah. Desa Meninting Kecamatan Batulayar satu rumah, dan di Kecamatan Kuripan sebanyak empat rumah. Dari delapan rumah itu, tiga rumah mengalami rusak berat, sisanya rusak ringan. “Ini masih proses pendataan untuk rumah yang mengalami kerusakan,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lobar, HM Najib yang dikonfirmasi, kemarin.
Tak dipungkiri, kemungkinan kerusakan akan bertambah. Pendataan juga berguna untuk menentukan jenis bantuan yang diberikan secara stimulan. Disesuaikan dengan tingkat kerusakan yang dialami rumah tersebut. “Kita bantu mungkin dalam bentuk semen, seng, atau kayu. Kita lihat juga tingkat kerusakannya, kalau berat rusaknya maka lebih banyak bantuannya,” jelasnya.
Selain itu, BPBD juga akan memberikan bantuan makanan siap saji bagi korban gempa di Lobar. Untuk kebutuhan itu, BPBD sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) setempat. Selain membantu korban gempa di wilayah Lobar, BPBD juga akan membantu korban gempa di Lombok Timur (Lotim) dan KLU.
Untuk keperluan itu, BPBD sudah membuka posko penerimaan bantuan di kantor BPBD Lobar. Hasilnya, sejumlah SKPD lingkup Pemkab Lobar termasuk Bupati Lobar telah menyumbangkan bantuan bagi korban di Lotim dan KLU.
Nantinya seluruh bantuan akan disalurkan langsung kepada korban di lokasi pengungsian. “Bantuan medis sudah diberikan Pemkab Lobar. Selanjutnya pemkab akan memberikan bantuan makanan, dan minuman,” imbuhnya.
Sementara Bupati Lobar, H Fauzan Khalid meminta kepada BPBD Lobar untuk mendahulukan penanganan bantuan di Lobar. Setelah itu membantu korban gempa di Lotim dan KLU.
Mengingat terdapat sejumlah rumah di Lobar rusak akibat gempa. “Harus didahulukan yang lebih dekat,” pintanya.
Bantuan yang diberikan tidak hanya berupa makanan atau sembako. Tapi juga bantuan perbaikan rumah dengan jangka waktu menengah. Mengenai bantuan bagi korban gempa di Lotim dan KLU, Bupati menyatakan, pihaknya siap mendistribusikan bantuan. Berupa mi instan, roti, telur hingga beras. Sebelumnya, pemkab sudah memberangkatkan tenaga medis beserta dapur darurat bagi pengungsi di KLU dan Lotim. “Saya minta SKPD di Lobar koordinasi langsung dengan masing-masing SKPD di Lotim dan KLU. Supaya bantuan itu terarah sesuai kebutuhan,” pungkasnya. (cr-win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here