Beranda Mataram Lanud Rembiga Resmi Ganti Nama

Lanud Rembiga Resmi Ganti Nama

BERBAGI
SUSAN/RADAR MANDALIKA Kolonel Budi Handoyo

MATARAM -Nama pangkalan udara (Lanud) Rembiga resmi diubah menjadi Lanud TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid (ZAM). Pengubahan nama itu dilakukan oleh Kepala Staf AU, Marsekal Yuyu Sutisna di Jaya Pura, Papua, Kamis (26/7).
Berdasarkan keputusan Kasau NR Kep/660/VI/2018, tanggal 21 Juni 2018 tentang penggantian nama Lanud, dan berdasarkan telegram Pangkoopsau II Nomor T/2628/2018, tanggal 20 Juli 2018 tentang panggantian nama Pangkalan TNI Angkatan Udara Rembiga menjadi Pangkalan TNI Angkatan Udara Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainudin Abdul Madjid (ZAM).
Komandan Lanud ZAM Kolonel Budi Handoyo membenarkan jika nama Lanud Rembiga resmi diganti toleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna. “Sesuai perintah dari kepala stap angkatan udara, nama Lanud yang awalnya nama daerah diubah menjadi nama pahlawan daerah setempat,” katanya.
Berdasarkan perintah, pihaknya melaksanakan kajian dari berbagai nama. Kemudian diusulkan nama kepada Mabes AU yaitu nama TGH Kyi Zainuddin abdul Majid (ZAM). Dari kajian tersebut, Mabes AU menyetujui sehingga pada tanggal 26 Juli kemarin bersamaan dengan direamikannya komando operasi tiga, sebanyak sembilan Lanud dinamakan pahlawan daerah masing-masing.
“Karena beliau orang di daerah ini, dan sangat berjasa,” katanya.
Untuk peresmian di NTB belum bisa dipastikan, lantaran akan menyesuikan waktu karena saat ini banyak kesibukan RI 1 dan sebagainya.“Nanti kita akan cari waktu yang pas untuk kita adakan seremoni peresmian di sini (NTB, Red),” ungkapnya.
Ia berharap, dengan adanya perubahan nama ini, diharapkan masyarakat Indonesa khususnya masyarakat NTB lebih menghargai jasa-jasa para pahlawan dan mengenal pahlawan. “Kita sudah merdeka dan enak hidupnya karena pahlawan, pahlawan pendahulu kita sangat luar biasa,” imbuhnya.
Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan Hj Sitti Raihanun ZAM melalui TGB Zainuddin, mengapresiasi perubahan nama Lanud Rembiga menjadi Lanud TGKH M Zainuddin Abdul Majid.
Bagi masyarakat NTB, pemberian nama Lanud Rembiga dengan nama satu-satunya pahlawan nasional yang berasal dari NTB menandakan kepedulian dan penghargaan pemerintah khusus TNI kepada pahlawan bangsa. Atas nama warga NW dan ahli waris ninikda Maulanasyaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid, ia mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi, selaku pemegang kekuasaan tertinggi TNI yang terus memperhatikan putra terbaik NTB yang telah berjuang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia tercinta ini. “Termasuk merubah nama Lanud Rembiga menjadi Lanud TGH Kyi Zainuddin Abdul Majid,” katanya.
Menurutnya, di era Presiden Jokowi ini perhatian pemerintah pusat kepada Provinsi NTB cukup tinggi. Hal ini terlihat dari progres berbagai pembangunan yang digalakkan di NTB, salah satunya percepatan pembangunan dan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus di Kuta Lombok Tengah, yang terus diatensi Jokowi.
Sebelumnya pada 2017 lalu, Jokowi memberikan penganugerahan gelar pahlawan kepada pendiri organisasi Nahdlatul Wathan, Maulanasyaikh TGKH M Zainuddin Abdul Majid, sebagai pahlawan nasional pada 10 Oktober 2017 lalu. “Memang Ninik (kakek) Maulanasyaikh layak disematkan gelar pahlawan nasional karena jasa-jasa beliau kepada bangsa ini. Semoga Bandara Internasional Lombok juga secepatnya berganti nama dengan nama pahlawan seperti nama bandara di daerah-daerah lainya,” ucapnya. (cr-can/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here