Beranda Praya Metro Di Loteng, Gempa Tidak Berdampak

Di Loteng, Gempa Tidak Berdampak

BERBAGI

PRAYA — Gempa bumi berkekuatan 6,4 SR yang mengguncang Pulau Lombok Minggu pagi, tidak berdampak di Lombok Tengah (Loteng). Tidak ada rumah rusak bahkan korban jiwa.
Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Loteng, H Muhammad memastikan tidak ada dampak. Muhammad menuturkan, hingga siang kemarin berdasarkan laporan yang diterimanya tidak ada dampak akibat gempa. Namun untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan, pihaknya sudah siaga dan terus berkoordinasi dengan pihak terkait.
“Semua siap siaga antisipasi gempa susulan. Kita tetap waspada bersama pemerintah daerah,” katanya kepada wartawan, kemarin.
Muhamamd menegaskan, gempa yang terjadi berdampak besar di wilayah Lombok Timur (Lotim). Sebab, dari hasil koordinasi dengan BMKG menunjukkan gempa bumi ini, terpusat pada koordinat 8,4 LS dan 116,5 BT, atau tepatnya di darat pada jarak 47 km arah timur laut Kota Mataram, pada kedalaman 24 km.
Guncangan gempa bumi dirasakan di daerah Lombok Utara VI-VII MMI, Lombok Barat, Lombok Timur, Mataram, Lombok Tengah, Sumbawa Barat dan Sumbawa Besar pada skala intensitas II SIG-BMKG (IV MMI), Denpasar, Kuta, Nusa Dua, Karangasem, Singaraja dan Gianyar II SIG-BMKG (III-IV MMI), sementara di Bima dan Tuban II SIG-BMKG (III MMI), Singaraja pada skala II SIG-BMKG atau III MMI dan Mataram pada skala II SIG-BMKG atau III MMI.
“Kita juga merasakan gempa,” bebernya.
Untuk sementara dari prediksi BMGK gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust). Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault).
“Kami terus berkoordinasi BMKG mengenai gempa ini,” ucapnya.
Dia mengimbau masyarakat terutama di pesisir pantai untuk proaktif dan selalu waspada. Meski gempa diperkirakan tidak berdampak pada tsunami, namun sebagai masyarakat penting untuk tetap selalu waspada. “Paling tidak kalau terjadi gempa mereka mencari tempat aman,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Loteng, AKBP Kholilur Rochman menegaskan, pihaknya juga terus memantau dampak gempa di Loteng. Namun hingga sekarang masih aman karena pihaknya belum menerima laporan dari anggota di lapangan.
“Tidak kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa itu,” kata kapolres, kemarin.
Sementara di bandara juga tidak ada dampak gempa bumi. Penerbangan tetap normal sampai dengan saat ini. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here