Beranda Headline Satgas Gakkum LH Cek Tambang PT AMG

Satgas Gakkum LH Cek Tambang PT AMG

BERBAGI
IST / RADAR MANDALIKA PANTAU: Tim Satgas Gakkum LH Lotim saat memantau kondisi lokasi penambangan pasir besi di Dedalpak Pringgabaya, setelah sempat didemo warga desa setempat.

LOTIM – Beberapa waktu lalu, puluhan warga Desa Pohgading, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur (Lotim) melakukan aksi unjukrasa. Massa menolak penambangan pasir besi dilakukan PT Anugerah Mitra Graha (PT AMG). Karena kerap menjadi sasaran aksi massa, tim Satuan Tugas Penegakan Hukum Lingkungan Hidup (Satgas Gakkum LH), turun ke lokasi penambangan melakukan pengawasan. Termasuk, melakukan pembinaan, kemarin. “Sekaligus mengantisipasi gerakan msyarakat atau upaya gangguan, sebagai wujud pendampingan atas perizinan yang sudah ada,” kata Mulki, Ketua Satgas Gakkum LH Lotim.
Ia menjelaskan, turunnya Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) bersama Satgas, untuk memberikan penjelasan ke sejumlah pihak terkait. Penjelasan kaitan dengan keberadaan izin atau Analisis Dampak Lingkungan (Amdal), dari perusahaan penambangan tersebut. “Alhamdulillah, kondisi saat ini di lapangan sudah kondusif,” tandasnya.
Pantauannya di lapangan, penambangan pasir besi dilakukan PT AMG tidak keluar dari titik koordinat, berdasarkan izin yang dikantongi. Kesempatan itu pula, Tim Satgas Gakkum LH, memberikan rekomendasi pada pihak PT AMG agar setiap melakukan pergerakan atau kegiatan, agar melaporkan ke DLHK dan Satgas Gakkum LH.
Sebab sambung Mulki, pihak penambang diharuskan melapor sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku. Disamping itu, pengawasan terhadap aktivitas PT AMG juga tetap akan dilakukan DLHK bersama Satgas Gakkum LH. “Koordinasi PT AMG dengan Satgas Gakkum LH masih sangat belum maksimal. Dari itu kita harapkan pihak perusahaan aktif berkoordinasi,” pungkasnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here