Beranda Headline Mau Diapakan Perusda LTB?

Mau Diapakan Perusda LTB?

BERBAGI

PRAYA — Keberadaan perusahaan daerah (Perusda) Lombok Tengah Bersatu (LTB) disoal. Pasca ditangkapnya tiga petinggi Perusda yang terlibat kasus korupsi senilai 1 miliar lebih. Kelanjutan usaha Perusda tidak jelas sampai sekarang. Posisi jabatan di dalam Perusda pun masih ompong karena belum dilakukan perekrutan oleh Pemkab.
Dimana, petinggi Perusda LTB yang ditangkap atas kasus korupsi yakni, Direktur Utama Perusda, Lalu Marthadinata, Direktur Keuangan dan Pengembangan Bisnis Zahrul Arbaidi, dan Direktur Keuangan Abdul Karim.
Ketua Komisi II DPRD Loteng, M Samsul Qomar menegaskan, pengurus Perusda hingga sekarang tidak jelas.
“Saya bingung apakah Pemkab trauma atau bagaimana? Padahal Perusda itu kalau dikelola dengan baik sangat banyak manfaatnya,” kata Qomar pada wartawan, kemarin.
Qomar menegaskan, jika memang Pemkab ingin kembali mengembangkan perusahan itu, pihaknya tidak ingin Perusda seperti pengurusan sebelumnya. Menurutnya, tugas dan pokok Perusda bukanlah hanya menyediakan material bangunan seperti besi bata ringan. Tapi banyak usaha lain dikembangkan.
“Kenapa tidak fokus dengan satu bidang usaha namun memang yang dibutuhkan setiap harinya,” ujarnya.
Qomar menegaskan, sebenarnya Perusda ini memiliki peranan untuk menambah pendapatan asli daerah (PAD). Tapi sangat disayangkan beberapa tahun ini, belum berkontribusi untuk daerah.
“Saya tekankan juga agar mencari pengurus yang benar-benar di bidangnya. Agar mereka paham kedepanya bagaiman cara mengembangkan apa yang akan menjadi fokus usahanya,” ujarnya.

Sementara itu, belum lama ini Kabag Ekonomi Setda Loteng, Ikhsan menjelaskan bahwa sebelumnya panitia sudah melakukan seleksi dan yang mendaftar ada empat orang. Hanya saja dalam perkembanganya, terdapat tiga nama yang lolos karena satu nama yang mendaftar telah gugur karena tidak memenuhi syarat.
“Kita akan kita rumuskan regulasi berikut dengan mekanisme proses penetuan direksi dan jajaranya,” katanya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here