Beranda Praya Metro Loteng Masih Aman dari Difteri

Loteng Masih Aman dari Difteri

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA H Omdah

PRAYA – Penyakit difteri adalah infeksi bakteri yang akhir-akhir ini, banyak menyerang warga di sejumlah daerah. Namun beruntung, Loteng masih aman dari difteri.

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Loteng, H Omdah mengaku, belum menemukan adanya warga Loteng terjangkit penyakit difteri. Baik kalangan anak –anak bahkan hingga orang dewasa.
“Sejak ada kabar beberapa kasus penyakit difteri yang ditemukan di luar daerah itu, kami hingga saat ini masih belum menemukan,” kata Omdah di ruangan kerjanya, kemarin.
Omdah berharap, agar penyakit tersebut jangan sampai menyerang warga. Apalagi, difteri ini juga dikenal penyakit sangat fatal jika lamban ditangani. Dari penyakit difteri, Omdah meminta warga bila ditemukan tanda-tanda seperti demam dengan suhu tinggi, selaput putih di tenggorokan, sakit waktu menelan, suara serak, pembesaran kelenjar getah bening, dan disertai dengan sesak nafas, supaya segera mendatangi puskesmas terdekat.
“Karena itu merupakan tanda terjangkit,” bebernya.
Kata dia, penyakit ini biasanya sangat rentan menyerang anak-anak. Terutama bayi usia 0 sampai 1 tahun. Sehingga untuk terhindar dari penyakit difteri ini, pihaknya menekankan kepada orang tua rutin membawa bayinya imunisasi.
“Artinya, untuk bayi 0 sampai 1 tahun yang wajib imunisasi penyakit difteri,” pesannya.
Selain itu, guna mengantisipasi penyakit difteri pihaknya juga telah mengeluarkan surat edaran (SE) terkait kewaspadaan difteri.
“Kami sudah buat surat edaran,” ceritanya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here