Beranda Praya Metro Desa Butuh Pendamping TP4D

Desa Butuh Pendamping TP4D

BERBAGI

PRAYA —Ketua FKD Kecamatan Praya Barat Daya, HL Harun Arsad mengungkapkan, hingga kini belum ada desa yang mengajukan permohonan pendampingan kepada TP4D. Namun hal itu bukan lantaran pihak desa tidak ingin didampingi, akan tetapi karena sebagian besar desa tengah menyelesaikan beberapa agenda besar. Mulai dari persiapan Pilkades, pengisian anggota BPD, pelaporan keuangan desa dan program lainnya.
“Tapi dalam waktu dekat kami di Prabarda akan bersurat ke TP4D,” ungkap Kades dua periode ini.
Hal senada juga diungkapkan Ketua FKD Loteng, Sahim. Menurutnya, sampai kapan pun desa di Loteng tetap akan meminta pendampingan dan pembinaan kepada TP4D. Sebab, pihaknya merasa setelah adanya tim ini banyak perubahan terjadi di desa. Terutama perubahan administrasi dan hasil pekerjaan pembangunan yang dijalankan desa. Selain itu, dirinya juga melihat, sejauh ini tidak banyak desa yang bergejolak. Hanya saja, akhir-akhir ini diakuinya rekan-rekan Kades banyak mengalami kendala sehingga belum bisa mengajukan permohonan pendampingan seperti tahun lalu. Alasan utama menurutnya, karena terbentur belum keluarnya dana dan adanya 96 desa yang akan menggelar Pilkades. Dari 96 desa itu kata dia, 90 persen kadesnya akan kembali ikut bertarung menjadi kades. Sesuai aturan, syarat-syarat pencalonan itu, baik syarat dukungan maupun syarat lainnya itu harus segera dilengkapi. Akan tetapi, melihat kesiapan rekan-rekan kades didampingi, dalam waktu dekat yakni setelah pendaftaran calon kades dilakukan, pihaknya akan mengimbau agar semua desa mengajukan permohonan pendampingan.
“Yang jelas kita masih ingin dibina. Dan ada celah satu bulan setelah mendaftar jadi calon dan sebelum cuti itu, untuk kita agendakan pendampingan dan pembinaan itu,” pungkasnya.
Diberitakan sebelumnya, anggota TP4D Loteng sekaligus Kasi Intel Kejari mengaku, sampai saat ini belum ada desa yang mengajukan pendampingan. Padahal hajat adanya TP4D untuk membantu desa. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here